Palembang (ANTARA) - Pertamina Patra Niaga Regional Sumatra Bagian Selatan (Sumbagsel) memperluas wilayah implementasi uji coba full cycle program subsidi tepat di Sumatera Selatan (Sumsel).

Area Manager Communication, Relation & CSR Sumbagsel Tjahyo Nikho Indrawan di Palembang, Selasa, mengatakan implementasi uji coba full cycle program subsidi tepat di Sumsel ini dimulai pada 21 Maret 2023.

"Kami mengapresiasi masyarakat yang telah mendukung program subsidi tepat dengan melakukan pendaftaran baik melalui website subsidi tepat.mypertamina.id dan aplikasi pendaftaran secara langsung di SPBU Pertamina," katanya.

Pertamina mencatat untuk di wilayah Sumsel saat ini terdapat 117 ribu kendaraan yang didaftarkan dalam program subsidi tepat dan sebagai informasi untuk konsumsi bahan bakar minyak (BBM) jenis bio solar di wilayah Sumsel sekitar 1.750 kiloliter (kl) per hari.

"Saat ini seluruh proses pendaftaran masih terus berlangsung, kami mengimbau masyarakat segera mendaftarkan kendaraannya melalui program subsidi tepat agar BBM subsidi benar-benar tersalurkan kepada masyarakat yang berhak," ucapnya.

Ia menjelaskan bagi konsumen yang ingin mendaftarkan kendaraannya sebagai penerima BBM subsidi dapat melalui dalam jaringan atau online di website subsiditepat.mypertamina.id secara langsung, pendaftaran juga dapat diakses melalui aplikasi MyPertamina. Selain itu pendaftaran dapat juga dilakukan di SPBU Pertamina.

“Konsumen perlu menyiapkan dokumen yang nantinya akan diupload melalui website yaitu foto KTP, foto diri, STNK (tampak depan dan belakang), kendaraan tampak keseluruhan, kendaraan tampak depan nomor polisi dan foto uji kendaraan bermotor atau KIR bagi kendaraan pengguna KIR,” jelas Nikho.

Sementara itu, Kepala Biro Perekonomian Sumsel Afrian Joni mengatakan pihaknya mendukung dan menyambut baik dan mendukung program subsidi tepat ini, dengan adanya program subsidi tepat diharapkan pengawasan BBM subsidi menjadi lebih maksimal.

"Pemerintah Provinsi Sumsel mendukung sepenuhnya program full cycle subsidi tepat sasaran dapat berjalan dengan baik, efektif dan penyaluran BBM bersubsidi dapat tepat sasaran," ujarnya.

Baca juga: Pertamina uji coba penerapan subsidi tepat solar di tiga wilayah Jatim

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023