kami usung terkait ajaran suci kita yaitu Tri Hita Karana
Jakarta (ANTARA) -
Umat Hindu DKI Jakarta menggelar Tawur Agung Kesanga di Pura Aditya Jaya, Kelurahan Rawamangun, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur, Selasa, dalam rangka memperingati Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1945.
 
Ketua Panitia Perayaan Nyepi Tahun 2003 DKI Jakarta I Nyoman Adiarta, di Jakarta, Selasa, mengatakan, perayaan Nyepi ini mengangkat tema suci Nyepi meningkatkan strada dan bakti dalam menyelaraskan moderasi agama menuju Indonesia Jaya.
 
"Tema ini kami usung terkait ajaran suci kita yaitu Tri Hita Karana yakni kita selalu menjaga harmonisasi kepada Tuhan Yang Maha Esa, harmonisasi kepada umat manusia dan harmonisasi kepada alam semesta," kata Nyoman.
 
Dengan harmonisasi itu, lanjut dia, akan tercipta Indonesia yang kondusif.
 
"Apalagi, menjelang tahun politik 2024, diharapkan Jakarta penuh dengan toleransi sehingga penuh dengan kedamaian. Itu akan menjamin Indonesia menjadi bangsa yang maju dan jaya," katanya.

Baca juga: DKI harap Nyepi berdekatan dengan awal Ramadhan eratkan persaudaraan
 
Wali Kota Administrasi Jakarta Timur Muhammad Anwar saat menghadiri Upacara Tawur Agung Kesanga di Pura Aditya Jaya, Kelurahan Rawamangun, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur, Selasa (21/3/2023). Upacara itu dalam rangka memperingati Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1945. ANTARA/Syaiful Hakim
 
Sementara itu, Wali Kota Administrasi Jakarta Timur Muhammad Anwar yang hadir dalam upacara itu, mengatakan, umat Hindu di Jakarta, khususnya di Jakarta Timur memiliki kontribusi sama dengan umat lainnya di Jakarta.
 
"Kita membangun kebhinekaan. Kebhinekaan kita harus tumbuhkan di negeri ini agar tidak terjadi perpecahan," kata Anwar.
 
Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono berharap momentum Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945 yang berdekatan dengan awal puasa Ramadan 1444 Hijriah makin mengeratkan persaudaraan antarumat beragama.
 
Dalam Upacara Melasti di Pura Segara, Cilincing, Jakarta Utara, Minggu (19/3) Heru Budi Hartono berhalangan hadir dan diwakili Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim untuk menyampaikan sambutannya.
 
Pada kesempatan itu juga disampaikan harapan agar umat Hindu senantiasa bisa mendukung kegiatan atau program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, antara lain menjaga kerukunan dan menjaga kelestarian lingkungan alam agar lahir hati bersih dan suci.

Baca juga: Umat Hindu Jakarta Nyepi di Pura Aditya
 
"Mudah-mudahan ini bisa menjadi dampak positif dan menjadi satu kegiatan dalam bentuk toleransi umat beragama. Sukses Jakarta untuk Indonesia," kata Ali membacakan sambutan dari Pj Gubernur DKI Jakarta.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023