Jakarta (ANTARA) -
Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan masyarakat Indonesia bisa mengambil teladan dari tokoh Buya Hamka sebagai pejuang bagi bangsa dan agama.
 
"Banyak pelajaran dan banyak sekali hal-hal yang bisa dijadikan teladan dan memberikan inspirasi pada kita semua, anjuran semua terutama anak muda menonton lah (film Buya Hamka) dimana seorang Hamka sejak muda berjuang untuk bangsa agama dan negara," ucapnya dalam konferensi pers pemutaran film biopik "Buya Hamka" di Jakarta, Selasa.
 
Wapres menambahkan Buya Hamka bukan hanya merupakan satu sosok yang patut dijadikan teladan dan tokoh utama sebagai pejuang bangsa, tetapi juga sebagai sastrawan besar.
 
Dalam proses pembuatan film "Buya Hamka" Wapres mengaku banyak berdiskusi dengan tim produksi Starvision saat ia masih menjabat sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada tahun 2015. Ia pun senang akhirnya film ini bisa selesai.
 
"Tentang pembuatan film ini ketika itu saya menjadi Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia, sering kita diskusi tentang perencanaan pembuatan film ini, tahun 2015 saya memang masih menjadi ketua MUI dan alhamdulilah sekarang sudah selesai," ucapnya.

Baca juga: Vino Bastian perankan sosok Buya Hamka
 
Menurut dia, masyarakat Indonesia patut untuk menonton film ini karena sarat sekali akan teladan dan inspirasi untuk bisa dicontoh khususnya bagi anak muda dalam membela Tanah Air.

Produser Starvision Chand Parwez Servia pun turut mengutarakan kebahagiaannya pemutaran perdana film "Buya Hamka" bisa dihadiri Wapres Ma'ruf Amin. Parwez mengatakan film "Buya Hamka" merupakan pilihan tontonan keluarga dan diharapkan menjadi hiburan masyarakat di hari Lebaran nanti.
 
"Bagian pertama Insya Allah akan beredar untuk menjadi film hiburan masyarakat setanah air dalam merayakan hari kemenangan yaitu hari raya Idul Fitri 2023 dan tentunya volume-volume selanjutnya akan menyusul kemudian," ucapnya.
 
Senada dengan pernyataan Wapres, Parwez ingin melalui film ini dapat memberikan manfaat yang baik bagi yang menonton dan terinspirasi dengan ketokohan Buya Hamka.
 
Film "Buya Hamka" akan terbagi dalam tiga bagian dan bagian pertama akan ditayangkan pada 20 April 2023.

Baca juga: Film "Buya Hamka" dirilis bulan depan sambut Ramadhan 2023

Baca juga: MUI harap film Buya HAMKA lebih laris dari film Dilan

Baca juga: Desy Ratna Sari kesulitan berbahasa Minang di film Buya HAMKA

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2023