Jakarta (ANTARA) - Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia Lexyndo Hakim mengapresiasi persiapan timnas angkat besi Indonesia jelang ajang SEA Games 2023 di Kamboja, Mei.

Lexy menilai persiapan yang dilakukan sudah sangat baik dan berharap akan terjadi diskusi mengenai dukungan yang bisa diberikan oleh tim CdM.

“Agenda kali ini lebih ke melihat persiapan para atlet. Kami melihat bagaimana mereka latihan, fasilitas teman-teman yang sudah dan belum dimiliki, menjadi perhatian kami. Ada yang perlu kita atensi bisa disampaikan pada kita. Kita coba diskusikan,” ujar Lexy saat ditemui di Pelatnas Pengurus Besar Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABSI) Jakarta, Selasa.

Ia menyampaikan bahwa tim SEA Games sudah ke Kamboja untuk melihat persiapan arena, makanan, hingga jarak arena ke penginapan.

"Saya sampaikan teman-teman di CdM lebih banyak mendengar untuk hal-hal yang perlu kita perhatikan lebih,” imbuh dia.

Wakil Ketua Umum PB PABSI Djoko Pramono menambahkan, pihaknya berusaha memberikan yang terbaik untuk persiapan para atlet yang akan berlaga di agenda multicabang terbesar di Asia Tenggara itu.

Baca juga: CdM: Ada potensi tambahan 6 emas di SEA Games 2023

Djoko mengatakan, Skuad Merah Putih sudah sangat bersemangat untuk bertolak ke Kamboja dan menantang para atlet dari negara-negara tetangga.

“Kita berusaha yang terbaik. Itu saja yang penting. Mudah-mudahan keberangkatan angkat besi tidak mengecewakan. Anak-anak sudah on fire, sudah siap. Terlihat dengan semangat mereka latihan dan infrastruktur yang disediakan PB PABSI,” kata Djoko.

Ia menambahkan, latihan yang dilakukan saat ini juga berfokus untuk persiapan Olimpiade 2024 di Paris, Prancis.

Adapun latihan yang diberikan kepada atlet juga akan disesuaikan, mengingat sebentar lagi bulan ramadhan akan segera tiba.

“Pasti ada penyesuaian. Kita tidak memaksa mereka mau puasa atau tidak, mereka yang bisa mengukur dan mengatur sendiri,” kata dia.

Ketika ditanya soal target, Djoko tidak memberikan angka khusus.

“Lihat sendiri nanti hasilnya,” katanya singkat.

Sementara itu, SEA Games Kamboja akan dimulai 5-17 Mei. Ini adalah kali pertama negara yang dijuluki Land of the Khmer itu menjadi tuan rumah pesta olahraga terbesar di kawasan Asia Tenggara itu.

Baca juga: CdM optimistis bulu tangkis raih emas sesuai target di SEA Games 2023
Baca juga: CdM optimistis dengan persiapan atlet Indonesia jelang SEA Games 2023


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023