Jakarta (ANTARA) - WhatsApp membagikan dua fitur baru untuk mengatur grup lebih mudah digunakan dalam layanannya oleh para pengguna, dua fitur baru itu merupakan hasil pengembangan dari fitur "Komunitas" yang telah diluncurkan pada 2022.

Dalam siaran pers WhatsApp, Rabu, adapun dua fitur baru tersebut ialah kontrol baru untuk admin dan juga fitur untuk melihat grup yang sama dengan pengguna lainnya.

Untuk fitur kontrol baru untuk admin, nantinya admin bisa menentukan secara spesifik pengguna lainnya ketika akan bergabung dalam sebuah grup.

Fitur ini dapat dimanfaatkan ketika admin memilih untuk membagikan tautan undangan grupnya atau menjadikan grupnya dapat tergabung dalam komunitas, kini admin memiliki kontrol lebih besar atas siapa saja yang dapat bergabung.

Baca juga: Sederet tips gunakan WhatsApp ciptakan kebersamaan selama Ramadhan

"Grup adalah tempat orang-orang melakukan beberapa percakapan paling mendalam dan karenanya sangat penting bagi admin untuk memiliki keputusan yang jelas tentang siapa yang boleh atau tidak boleh bergabung," kata WhatsApp.

Fitur kedua ialah kemampuan pengguna untuk mencari pengguna lainnya berada dalam grup yang sama.

Seiring pertumbuhan "Komunitas" dengan anggota grupnya yang lebih banyak maka WhatsApp menghadirkan fitur ini.

Bagi pengguna fitur ini akan berguna ketika mencari lebih spesifik teman dalam satu grupnya, terutama bagi pengguna yang masuk dalam banyak grup.

Caranya pun mudah, pengguna tinggal mencari nama kontak pengguna lainnya di WhatsApp untuk melihat grup yang sama.

Fitur ini akan mulai diluncurkan secara global dalam beberapa minggu ke depan.

Baca juga: WhatsApp bagi lima kiat untuk UMKM tingkatkan penjualan di Ramadhan

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023