Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan Facebook mengklaim bahwa Presiden Joko Widodo memberikan pernyataan tentang peraturan yang terlalu banyak di Indonesia.

Unggahan foto berupa tangkapan layar situs berita Merdeka.com itu menampilkan foto Presiden Jokowi serta judul berita yang diklaim dari pernyataannya.

Berikut judul berita yang tampak pada unggahan tangkapan layar tersebut:
“Jokowi: Terlalu banyak peraturan kita pusing sendiri jadi stress”

Namun, benarkah terdapat konten Merdeka.com yang menampilkan pernyataan Presiden Jokowi tentang terlalu banyak peraturan di Indonesia?

Unggahan hoaks tangkapan layar artikel yang menarasikan Presiden Jokowi menyebut terlalu banyak aturan di Indonesia. Faktanya, tangkapan layar tersebut merupakan hasil penyuntingan dari situs asli Merdek.com. (Facebook)

Penjelasan:
Penelusuran ANTARA, tidak benar Merdeka.com menulis berita berjudul, "Jokowi: Terlalu banyak peraturan kita pusing sendiri jadi stres." Tangkapan layar yang diklaim dari situs Merdeka.com itu merupakan hasil suntingan.

Laporan sebenarnya dari Merdeka.com adalah berita berjudul “Presiden Jokowi Cabut Perpres Investasi Minuman Beralkohol”.

Dalam berita itu, Presiden Joko Widodo mencabut Perpres Nomor 10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal yang melegalkan investasi dalam minuman keras.

Tidak terdapat pernyataan Jokowi yang menyebut terlalu banyak peraturan di Indonesia sehingga membuat stres dalam berita asli Merdeka.com itu.

Dengan demikian, unggahan yang menyatakan Jokowi sebut Indonesia terlalu banyak aturan merupakan hoaks.

Klaim:  Jokowi sebut Indonesia terlalu banyak aturan
Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Jokowi pecat 64 menteri karena pencucian uang

Cek fakta: Hoaks! Jokowi geram sebagian pulau Maluku diambil China

Baca juga: Jokowi inginkan sosok muda Menpora pengganti Zainudin Amali

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2023