Beijing (ANTARA) - Umat Islam di China daratan, Hong Kong, dan Taiwan dipastikan mengawali puasa Ramadhan 1444 Hijriah pada hari Kamis (23/3).

Takmir beberapa masjid di Beijing, Ibu Kota China, telah mengeluarkan jadwal Imsakiyah yang berlaku mulai 23 Maret hingga 21 April 2023.

Durasi puasa Ramadhan di China daratan pada tahun ini relatif lebih pendek dibandingkan tahun-tahun sebelumnya karena terjadi pada musim semi.

Pada Ramadhan tahun ini durasi puasa sekitar 14 hingga 14,5 jam. Berbeda dengan tahun lalu dan tahun-tahun sebelumnya yang bisa mencapai 18 jam karena terjadi pada musim panas.
Baca juga: Hikmah Ramadhan di negeri kaum minoritas

Kedutaan Besar RI di Beijing juga menggelar shalat tarawih secara berjamaah khusus untuk warga negara Indonesia yang beragama Islam mulai Rabu malam.

Komunitas Muslim Taiwan juga telah menetapkan 1 Ramadhan 1444 H jatuh pada tanggal 23 Maret 2023.

Malam pertama Ramadhan dan jamaah shalat tarawih dimulai pada Rabu besok setelah shalat Isya, demikian maklumat yang dikeluarkan pihak Taipei Grand Mosque, Taiwan, Selasa (21/3).

Sementara itu, sejumlah pekerja migran Indonesia yang tergabung dalam Jaringan Buruh Migran Indonesia (JBMI) menggelar parade menyambut bulan Ramadhan di Hong Kong pada Minggu (19/3).

Baca juga: Puasa Ramadhan di Xinjiang, larangan atau pilihan? (Bagian 1)
Baca juga: Puasa Ramadhan di Xinjiang, larangan atau pilihan? (Bagian 2)


Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023