Sebagai delegasi dari Indonesia saya sudah sampaikan bahwa ini harus diputuskan dengan cepat terkait dengan dukungan pendanaan
Magelang (ANTARA) - Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menyampaikan Sekretariat Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) di Jakarta mulai resmi ditempatkan sebelum pertengahan tahun 2023.

“Mudah-mudahan sebelum pertengahan tahun, doakan, teman-teman media doakan juga supaya cepat,” katanya usai ASEAN Economic Ministers (AEM) Retreat Meeting di Plataran Borobudur Heritage, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Rabu.

Pembahasan mengenai Sekretariat RCEP, lanjutnya, menjadi salah satu isu krusial yang telah dibahas dengan tuntas dan semua negara setuju untuk menunjukkan dukungannya terhadap pendirian Sekertariat RCEP yang akan berlokasi di Sekretariat ASEAN di Jakarta.

Kendati belum bisa membocorkan tanggal pastinya, Wamendag Jerry menegaskan bahwa para Menteri Ekonomi ASEAN dan atau yang mewakilkan telah membahas detail dari lini masa Sekretariat RCEP.

Para Menteri Ekonomi ASEAN bahkan telah sepakat untuk menugaskan RCEP Joint Committee (RJC) untuk menyelesaikan mekanisme pendanaan RCEP Support Unit di Sekretariat ASEAN, Jakarta.

“Sebagai delegasi dari Indonesia saya sudah sampaikan bahwa ini harus diputuskan dengan cepat terkait dengan dukungan pendanaan, dukungan teknis dan juga dukungan lokasi yang dipastikan untuk dapat dilakukan di Sekretariat ASEAN di Jakarta,” ucap dia.

Sebelumnya Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan Djatmiko Bris Witjaksono menilai wacana pendirian Sekretariat RCEP di Jakarta akan mendekatkan peluang UMKM untuk menembus pasar ekspor.

“Secara kedekatan kita lebih dekat dong ke sekretariat. Artinya pelaku usaha kita mau UMKM mau besar kan paling dekat (ke Sekretariat),” ujarnya kepada media di Magelang, Jawa Tengah, Senin (20/3).

Baca juga: Kemendag: Sekretariat RCEP dekatkan peluang UMKM tembus ekspor
Baca juga: RI memprioritaskan bahas Sekretariat RCEP di ASEAN Economic Ministers


Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023