Washington (ANTARA) - Aliran simpanan dalam sistem perbankan AS telah stabil pada minggu lalu setelah penarikan besar-besaran bersejarah terhadap simpanan di Silicon Valley Bank mendorong keruntuhannya dan memaksa pejabat keuangan untuk mengambil tindakan darurat guna menopang sistem, kata Ketua Federal Reserve Jerome Powell pada Rabu (22/3/2023).

"Kami mengambil tindakan tegas bersama Departemen Keuangan dan FDIC, yang menunjukkan bahwa semua tabungan deposan aman," kata Powell dalam konferensi pers menyusul keputusan bank sentral menaikkan suku bunga untuk pertemuan kesembilan berturut-turut meskipun dia mengakui ada pertanyaan substansial tentang dampak gejolak perbankan terhadap perekonomian.

"Sistem perbankan aman. Aliran simpanan dalam sistem perbankan telah stabil selama seminggu terakhir," kata Powell.

Masalah keamanan triliunan dolar dalam sistem perbankan menjadi fokus utama pertanyaan yang diajukan kepada Powell setelah Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) menaikkan suku bunga pinjaman overnight sebesar seperempat poin persentase ke kisaran 4,75-5,00 persen.

Memang, Powell membuka konferensi persnya dengan pembukaan yang dikhususkan untuk jaminan bahwa sistem perbankan sehat dan para pejabat siap menggunakan "semua alat kami sesuai kebutuhan" untuk memastikannya tetap demikian.

Dalam kasus Silicon Valley Bank dan Signature Bank yang juga gagal, pejabat Fed, bersama dengan Federal Deposit Insurance Corp dan Menteri Keuangan Janet Yellen, meminta kekuatan darurat untuk menjaga agar semua simpanan di kedua bank tetap utuh, bahkan yang melebihi batas yang dijamin FDIC 250.000 dolar AS per deposan.

"Tindakan ini menunjukkan bahwa semua tabungan deposan dalam sistem perbankan aman," kata Powell.

Yang mengatakan, ketika kemudian ditanya apakah itu berarti bahwa "jaminan simpanan de facto mencakup semua tabungan".
 
"Saya tidak mengatakan apa-apa selain yang saya katakan," ujar Powell.

"Jadi yang saya katakan adalah Anda telah melihat bahwa kami memiliki alat untuk melindungi para deposan ketika ada ancaman bahaya serius terhadap perekonomian," kata Powell. "Atau ke sistem keuangan. Dan kami siap menggunakan alat-alat itu. Dan saya pikir deposan harus berasumsi bahwa simpanan mereka aman dan terlindungi."


Baca juga: Bank sentral Hong Kong kerek suku bunga 25 bp setelah kenaikan Fed
Baca juga: Bank sentral UEA dan Saudi naikkan suku bunga 25 basi poin ikuti Fed
Baca juga: Dolar jatuh setelah Fed kerek suku bunga dan sinyal satu kenaikan lagi

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023