Jakarta (ANTARA) - PT Amman Mineral Internasional (AMMAN), grup perusahaan yang mengoperasikan tambang tembaga dan emas di Indonesia, melalui anak perusahaan PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) menerima penghargaan PPKM Award, kategori "Sentra Vaksinasi COVID-19" untuk Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Presiden Direktur PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT), Rachmat Makkasau dalam pernyataannya pada Kamis, mengapresiasi penghargaan PPKM Award dari Pemerintah Indonesia, yang dapat semakin mendorong kolaborasi berbagai pemangku kepentingan, tidak hanya menghadapi pandemi COVID-19 saja, tapi berbagai tantangan lain di masa depan.

"Sebagai perusahaan tambang tembaga dan emas terbesar di Provinsi Nusa Tenggara Barat, kami memiliki tanggung jawab moral untuk membantu pemerintah menangani krisis akibat pandemi COVID-19. Lebih dari 70 persen karyawan kami dan keluarganya merupakan masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Barat. Kesehatan serta keselamatan karyawan merupakan prioritas kami. Begitu juga dengan masyarakat di sekitar wilayah operasional kami," kata Rachmat.

Baca juga: Koalisi Sipil raih PPKM Award untuk vaksinasi kelompok rentan

Salah satu upaya penanganan COVID-19 yang telah dilakukan oleh AMNT adalah program vaksinasi (tahap 1, tahap 2, booster) yang diberikan kepada hampir 16.000 individu yang merupakan karyawan, mitra bisnis, dan keluarga, yang berada di Site Batu Hijau, proyek eksplorasi Elang, serta kecamatan sekitar wilayah operasional di Provinsi NTB. Tak hanya itu, perusahaan juga kini terus menggencarkan vaksinasi booster tahap 2 untuk meminimalisir dampak pasca pandemi.

Sejak awal pandemi COVID-19, AMNT telah berkolaborasi dengan Gugus Tugas COVID-19 Pemerintah Provinsi NTB untuk mendukung penyediaan alat-alat pelindung diri, obat-obatan, serta oksigen konsentrator. AMNT juga berpartisipasi dalam program Jaring Pengaman Sosial (JPS) Gotong Royong yang telah diluncurkan oleh Pemerintah Provinsi NTB. Ribuan paket yang berisi produk lokal dari UMKM di NTB didonasikan kepada masyarakat yang terdampak akibat Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Upaya ini juga sekaligus membantu menggerakkan usaha kecil dan menengah yang kesulitan akibat pandemi COVID-19. Sebagai bagian dari standar protokol COVID-19 yang diterapkan perusahaan, AMNT juga menyewa puluhan hotel selama hampir dua tahun untuk digunakan sebagai fasilitas isolasi mandiri ribuan karyawan dan mitra bisnis yang akan memulai roster kerjanya. Hal ini juga turut menopang perekonomian sektor pariwisata yang hampir lumpuh akibat pandemi COVID-19.

Acara PPKM Award berlangsung Senin (20/3) dan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, serta beberapa perwakilan pemerintah negara tetangga.

PPKM Award merupakan bentuk apresiasi pemerintah kepada semua pihak yang membantu menangani masalah pandemi COVID-19 sehingga dapat terkendali, serta membantu pemulihan ekonomi Indonesia. Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa dibandingkan dengan rata-rata dunia, Indonesia termasuk ke dalam negara yang berhasil menangani COVID-19.

Baca juga: Bantu tangani COVID-19, Good Doctor raih PPKM Award

Baca juga: Sulut terima 'PPKM Award' terbaik dari Presiden Jokowi

Baca juga: Kasus terkonfirmasi positif COVID-19 bertambah 234 orang pada Senin

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023