Jakarta (ANTARA) - Sejumlah sosok penting mencatatkan nama dalam ingar-bingar sejarah industri musik dunia hari ini. Dari kelahiran penggagas band Blur Damon Albarn, torehan sukses album self-titled Elvis Presley, hingga wafatnya personel "kelima" The Beatles Neil Aspinall.
 
Laman thisdayinmusic membuat catatan sejarah dunia musik yang terjadi pada tanggal 23 Maret.

- Elvis Presley, 1956
Sang Raja rock and roll Elvis Presley merilis album studio self-titled di bawah label RCA Victor. Album tersebut bertahan selama sepuluh pekan sekaligus menjadi album rock and roll pertama pada posisi puncak Billboard Pop Albums 1956 serta beroleh penjualan jutaan kopi untuk genre tersebut.

Baca juga: Paul McCartney akan gelar tur konser AS tahun ini

Baca juga: Paul McCartney & Ringo Starr kenang 20 tahun kematian George Harrison

- John Lennon, 1964
Musisi John Lennon menerbitkan buku kumpulan tulisan dan sajak "In His Own Write" di Inggris. Beberapa bagian dalam buku itu sempat terbit dalam kolom pribadi yaitu "Beachcomber" dari mingguan Liverpool, Mersey Beat.

- The Beatles, 1967
Kelompok musik The Beatles mendapatkan tiga penghargaan untuk Best Selling British single "Yellow Submarine", Most Performed Song "Michelle", dan Next Most Performed Song "Yesterday". Pada acara yang bertempat di Playhouse Theatre, London itu tak satupun personel Fab Four datang.
Damon Albarn di Glastonbury Festival. (ANTARA/Reuters)


- Damon Albarn, 1968
Tahun kelahiran pentolan grup rock Blur, Damon Albarn. Bersama Blur, Albarn meraih album No.1 di UK untuk "Parklife" tahun 1994 dan bertahan di tangga lagu selama dua tahun. Bersama kreator komik Jamie Hewlett, ia juga membidani proyek musik visual-virtual Gorillaz yang tenar lewat sejumlah hits seperti "Feel Good Inc", "clint Estwood", dan "Dare". Albarn juga sempat merilis album debut solo "Everyday Robots" yang dirilis pada 2014.

Baca juga: Michael Stipe tegaskan band R.E.M tak akan pernah kembali bersatu

- R.E.M., 1991
Grup rock R.E.M. meraih album No.1 Inggris pertama mereka lewat long-play "Out Of Time" yang menampilkan single paling masyhur "Losing My Religion" dan "Shiny Happy People". Klip video untuk "Losing My Religion" memenangkan dua Grammy Awards dan enam MTV Awards.

- Neil Aspinall, 2008
Sosok yang menjalankan kerajaan musik Apple Corps Neil Aspinall wafat pada usia 66 tahun akibat kanker di sebuah rumah sakit New York. Aspinall adalah teman sekolah personel The Beatles Paul McCartney dan George Harrison. Ia dianggap sebagai personel "kelima" The Beatles, menjadi road manager The Beatles pada 1961 sebelum beralih menjadi asisten pribadi band tersebut.

Aspinall berperan besar memenangkan sengketa hukum terkait penggunaan nama "Apple" dengan perusahaan komputer dan juga perkara royalti antara The Beatles dengan label rekaman EMI. Ia juga memainkan sejumlah instrumen tambahan di beberapa lagu The Beatles seperti "Magical Mystery Tour", "Within You Without You", dan "Being for the Benefit of Mr Kite".
The Who di Chelsea, 1966. (ANTARA/Reuters)


- The Who, 2011
Vokalis band rock The Who Pete Townshend berbicara kepada majalah Uncut bahwa ia mengaku menyesal telah membentuk band tersebut karena bukan tipikal orang yang memiliki daya kolaborasi kreatif baik.

- Ethel Gabriel, 2021
Perempuan produser rekaman pemenang Grammy Ethel Gabriel wafat pada usia 99 tahun di New York. Ia tercatat sebagai perintis bagi kaum hawa dalam industri musik dan menjadi sosok perempuan pertama yang berprofesi sebagai produser rekaman. Gabriel juga sukses membawa anak perusahaan label rekaman RCA yaitu Camden meraih kesuksesan jutaan dolar.

Baca juga: Puluhan barang pribadi Elvis Presley dilelang

Baca juga: Jumpsuit putih dan jubah ikonis Elvis Presley laku Rp14 miliar

Baca juga: Album Blur nomor satu di Inggris

Penerjemah: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023