Jakarta (ANTARA) - Umat muslim di seluruh dunia sedang menunaikan ibadah di bulan suci Ramadhan yang jatuh pada Kamis dan banyak klub Eropa tidak lupa memberikan ucapan selamat berpuasa kepada para penggemarnya yang beragama Islam.

Klub-klub Eropa tersebut merayakan datangnya Ramadhan lewat media sosial mereka. Banyak klub juga memiliki pemain-pemain muslim di timnya seperti Mohamed Salah di Liverpool, Riyad Mahrez dari Manchester City, Ousmane Dembele di Barcelona, Karim Benzema di Real Madrid, Achraf Hakimi di Paris Saint-Germain (PSG), N'Golo Kante di Chelsea dan banyak lagi.

Baca juga: Pelatih Arema FC siapkan program latihan tim khusus Ramadhan

Berikut ini adalah ucapan selamat dari klub-klob Eropa :

Klub-klub Liga Premier Inggris seperti Manchester United, Manchester City dan Arsenal mengucapkan Ramadan di akun resmi Twitter mereka.

"Ramadan Kareem. Semoga semua orang merayakan bulan yang penuh berkah dan kedamaian," tulis Manchester United.

"Ramadan Kareem. Kami mengucapkan selamat menyambut bulan Ramadhan yang penuh berkah bagi seluruh umat Islam di seluruh dunia," tulis Manchester City.

"Ramadan Kareem untuk semua suporter Arsenal yang merayakannya," tulis pemuncak klasemen sementara Liga Premier Inggris itu.

Liverpool, Chelsea, Tottenham Hotspur dan Newcastle United juga melakukan hal yang sama di akun media sosial mereka.

Bahkan Chelsea mengumumkan bahwa mereka akan mengadakan acara buka bersama di Stamford Bridge pada 26 Maret 2023 mendatang.

Baca juga: Bulan puasa tak ganggu persiapan Persib Bandung hadapi sisa kompetisi

"Pada Ahad 26 Maret, Chelsea Foundation akan menyelenggarakan buka bersama di sisi lapangan Stamford Bridge, yang menjadi pertama bagi klub dan stadion Liga Premier Inggris," tulis Chelsea di laman resmi mereka.

Selain klub-klub Liga Inggris, dua raksasa LaLiga Real Madrid dan Barcelona mengucapkan selamat berpuasa untuk umat muslim di seluruh dunia melalui akun Twitter resmi mereka.

"Real Madrid mengucapkan selamat dan berkat terhangatnya di bulan suci Ramadhan," tulis Los Blancos di akun resmi berbahasa Arab.

Barcelona mengunggah sebuah video pendek yang menampilkan pelatih Xavi Hernandes mengucapkan "Ramadan Mubarak," dengan tulisan Ramadan penuh berkah dari Barcelona untuk semua orang yang merayakannya.

Klub Prancis, Paris Saint-Germain (PSG) mengunggah video berisi pemain-pemain seperti Kylian Mbappe, Neymar, Marquinhos, Achraf Hakimi hingga Sergio Ramos mengucapkan Ramadhan Kareem.

Klub-klub Serie A seperti AC Milan, Inter Milan dan Juventus juga turut bulan Ramadan.

"Mendoakan bulan penuh keberkahan dan kedamaian," tulis Inter Milan di akun resmi bahasa Indonesia mereka.

"Selamat Ramadan Mubarak kepada seluruh fans muslim kami," cuit AC Milan di Twitter.

"Kepada seluruh Bianconeri yang merayakan, kami mengucapkan selamat menjalani Ramadan," tulis Juventus di Twitter.

Baca juga: Madura United berikan libur kepada pemain pada awal Ramadhan

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2023