Gorontalo (ANTARA) - Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, AKBP Juprisan Pratama Ramadhan Nasution, mengajak warga di daerah itu, untuk kompak bersama-sama mencegah politik uang dalam pemilihan umum (pemilu) serentak Tahun 2024.

"Tugas kita bersama menyukseskan penyelenggaraan pemilu serentak Tahun 2024. Diantaranya, dengan kompak bersama-sama mencegah politik uang (money politic) yang sangat mencederai demokrasi bangsa termasuk di daerah ini," katanya, di Gorontalo, Kamis.

Ia mengatakan, menerima 'curhatan' atau aspirasi warga, seperti yang ditemuinya di Desa Masuru, Kecamatan Kwandang.

"Masyarakat meminta kami (Kepolisian) untuk ikut mengawasi ketat pelaksanaan pemilu agar bebas politik uang," katanya.

Di Desa Masuru, warga mengatakan, sering menjadi sasaran politik uang yang dilakukan para oknum. Hal itu berkaca pada pengalaman pemilu 2019 lalu.

Olehnya kata Juprisan, harapan masyarakat termasuk pemerintah desa, agar Polres ikut mengawasi jalannya pemilu khususnya mencegah terjadinya politik uang, wajib dipenuhi.

"Kami akan sigap membantu masyarakat untuk sama-sama mencegah politik uang. Saya minta warga pun ikut kompak. Jangan malah sembunyi-sembunyi terima 'uang' dari oknum dengan maksud membujuk, merayu, agar memilih yang tidak sesuai dengan pilihan sendiri. Kita harus membangun demokrasi yang bersih dan jujur demi suksesnya pemilu," katanya.

Pada pemilu serentak Tahun 2024, pihaknya kata Juprisan pula, akan menempatkan personel di setiap desa, selain Bhabinkamtibmas, untuk memperkuat pengamanan terhadap pelaksanaan pesta demokrasi tersebut.

Upaya mencegah politik uang pun akan senantiasa disampaikan kepada masyarakat di setiap wilayah.

"Kami (Kepolisian) akan turut membantu pihak penyelenggara pemilu dalam upaya mencegah politik uang melalui edukasi maupun sosialisasi kepada masyarakat. Apalagi ada sanksi hukum sangat tegas bagi para pelaku politik uang, termasuk penerima," katanya.

Polres akan terus membuka ruang diskusi bersama masyarakat, dalam bentuk apapun.

"Silahkan menghubungi kami. Sampaikan jika ada potensi gangguan kamtibmas di wilayah masing-masing, kami sigap menindaklanjuti untuk mewujudkan daerah aman dan damai. Termasuk mendukung kelancaran pelaksanaan seluruh tahapan pemilu serentak di daerah ini," imbuhnya.
 
Kapolres Gorontalo Utara, AKBP Juprisan Pratama Ramadhan Nasution, menerima aspirasi masyarakat terkait upaya cegah politik uang, diantaranya disampaikan warga Desa Masuru, Kecamatan Kwandang. (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023