Jakarta (ANTARA) -
Bek tim nasional Indonesia Elkan Baggott tidak sabar untuk bermain bersama pemain kaya pengalaman Jordi Amat, ketika tim Garuda memainkan dua laga FIFA match day melawan Burundi pada 25 dan 28 Maret mendatang.
 
Meski tidak ada jaminan bahwa pelatih Shin Tae Yong akan memainkan kedua pemain keturunan tersebut, namun pilihan memainkan Jordi dan Elkan diyakini akan memberi pengaruh sangat positif kepada timnas karena kedua pemain itu memiliki kualitas tinggi.
 
"Ya saya tidak sabar untuk itu. Dia adalah pemain dengan kualitas papan atas, bagi saya untuk dapat belajar banyak dari dia. Saya ingin belajar sebanyak mungkin. Bermain bersama dia akan sangat membantu permainan saya," kata Elkan saat ditemui setelah menjalani latihan bersama timnas di lapangan latihan Jakarta International Stadium, Jakarta, Kamis.
 
Elkan terakhir kali membela timnas pada pertandingan FIFA match day melawan Curacao pada September tahun lalu. Ia kemudian absen membela timnas pada ajang Piala AFF Desember 2022, karena saat itu tidak dilepas oleh klubnya Gillingham.
 
Saat ini, Elkan kembali masuk skuad timnas setelah menorehkan penampilan apik di klubnya saat ini Cheltenham Town. Ia pun tidak sungkan mengungkapkan kegembiraannya karena kembali dipercaya masuk timnas.

Baca juga: Bek timnas Indonesia Elkan Baggott dari Liga Dua ke Liga Satu Inggris
 
"Ini menyenangkan karena saya sudah lama berada di Inggris, dan kembali ke tim nasional mendatangkan perasaan yang sangat bagus," kata pemain 20 tahun itu.
 
Elkan yang memiliki pengalaman bermain melawan pemain-pemain asal Afrika di kompetisi divisi ketiga dan keempat Inggris, meyakini pemain-pemain dari benua tersebut memiliki keunggulan dalam sektor kecepatan dan kekuatan.
 
"Di Inggris saya punya banyak pengalaman untuk menghadapi pemain dari berbagai negara. Anda tahu mereka (pemain-pemain Afrika) kuat, mereka cepat, dan mereka sedikit mempunyai kualitas (di atas kita). Maka kami harus siap dengan tantangan-tantangan yang ada," yakinnya.
 
Pemain yang lahir di Bangkok, Thailand, itu tercatat telah mengoleksi dua gol saat membela timnas Indonesia. Ia juga sudah pernah menyumbang gol untuk klub-klubnya di Inggris, baik itu Gillingham maupun Cheltenham Town. Saat ditanyai apakah ia dapat diharapkan untuk menambah pundi-pundi gol untuk timnas Indonesia, Elkan berjanji akan tampil sebaik mungkin.
 
"Saya akan mengusahakan yang terbaik," ucap Elkan sambil tersenyum.
 
Indonesia akan memainkan pertandingan FIFA match day melawan Burundi yang memiliki peringkat FIFA lebih baik daripada tim merah-putih. Seandainya mampu menaklukkan tim posisi ke-151 dunia itu, peringkat Indonesia akan naik dari posisi ke-151 pada daftar peringkat FIFA yang dirilis pada April mendatang.

Baca juga: Jordi Amat meyakini Burundi akan dapat memberikan perlawanan berat

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023