Mereka masih berjuang dengan apa yang mereka lakukan dalam hal simpanan bank yang tidak dijamin ... itulah yang sebagian memberi kami sedikit naik roller coaster di pasar saham.
Sydney (ANTARA) - Saham Asia melemah pada awal perdagangan Jumat, karena kekhawatiran stabilitas perbankan yang berkepanjangan mencengkeram Wall Street, sementara obligasi bertaruh bahwa kenaikan suku bunga baru-baru ini oleh bank sentral akan menjadi salah satu siklus terakhir, memungkinkan untuk bantuan kebijakan di akhir tahun.

Indeks MSCI dari saham Asia-Pasifik di luar Jepang turun 0,6 persen pada awal perdagangan Jumat, menghapus beberapa kenaikan baru-baru ini menjadi naik 1,7 persen untuk minggu ini. Nikkei Jepang juga melemah 0,4 persen.

Indeks CSI 300 saham-saham unggulan China tergelincir 0,4 persen, indeks Hang Seng Hong Kong melemah 0,7 persen, serta S&P 500 berjangka dan Nasdaq berjangka berada di posisi merah.

Baca juga: Saham Asia melonjak, dolar jatuh karena Fed isyaratkan jeda suku bunga

Data yang keluar pada Jumat juga menunjukkan aktivitas manufaktur Jepang berkontraksi selama lima bulan berturut-turut pada Maret, menambah bukti permintaan global yang melemah, sementara inflasi konsumen inti di Jepang mereda, meskipun tekanan harga tetap ada.

Di Wall Street, Dow Jones ditutup naik 0,2 persen dan S&P 500 naik 0,3 persen, setelah perdagangan berombak di penghujung hari. Indeks Komposit Nasdaq melonjak 1,0 persen, karena penurunan imbal hasil obligasi pemerintah mendorong saham perusahaan teknologi.

Menteri Keuangan Janet Yellen mengatakan pada Kamis (23/3/2023) bahwa dia siap untuk mengambil tindakan lebih lanjut untuk memastikan simpanan bank aman, sehari setelah mengatakan bahwa jaminan menyeluruh tidak ada dalam agenda.

"Mereka masih berjuang dengan apa yang mereka lakukan dalam hal simpanan bank yang tidak dijamin ... itulah yang sebagian memberi kami sedikit naik roller coaster di pasar saham," kata Shane Oliver, kepala ekonom di AMP.

"Intinya adalah (Federal Reserve) telah menaikkan suku bunga secara agresif, dan mereka akan terus berlanjut sampai ada yang rusak. Tapi saat ini, mereka tidak yakin apakah ada yang rusak atau tidak, meskipun ada gejolak di bank."

Baca juga: Yellen coba redakan ketakutan investor saat saham bank merosot

Namun, pasar bertaruh pada resesi dan penurunan suku bunga yang akan datang. Bagian penting dari kurva imbal hasil AS semakin curam, menandakan resesi sudah di ambang pintu.

Investor juga condong ke arah jeda dari Fed pada pertemuan kebijakan Mei, setelah kenaikan dovish terbaru pada Rabu (22/3/2023).

Mereka juga menilai pemotongan suku bunga akumulasi 80 basis poin menjadi sekitar 4,0 persen pada akhir tahun di tengah kekhawatiran pengetatan kebijakan dan krisis perbankan yang mendorong ekonomi ke dalam resesi, meskipun ada kemunduran dari Ketua Powell.

"Ini adalah lingkungan ketidakpastian. Maksud saya, Fed juga tidak tahu dan pasar mungkin benar," kata Oliver di AMP.

Imbal hasil obligasi pemerintah AS berusaha menemukan dasar di tengah volatilitas pasar. Imbal hasil dua tahun, yang turun 125 basis poin hanya dalam dua setengah minggu, stabil di 3,8288 persen pada Jumat.

Imbal hasil sepuluh tahun bertahan di 3,4079 persen, setelah turun 9 basis poin di sesi sebelumnya.

Baca juga: Saham Inggris berbalik melemah, indeks FTSE 100 tergerus 0,89 persen

Bank sentral Inggris semalam menaikkan biaya pinjaman untuk ke-11 kalinya berturut-turut setelah kejutan inflasi yang buruk, tetapi mengatakan kebangkitan inflasi mungkin akan memudar dengan cepat, mendorong spekulasi bahwa kenaikan itu telah berakhir.

Bank sentral Swiss juga mendongkrak suku bunga meskipun minggu bergejolak setelah pengambilalihan Credit Suisse.

Indeks dolar menuju penurunan mingguan sebesar 1,2 persen terhadap rekan-rekan utamanya di 102,63, tidak terlalu jauh dari palung tujuh minggu di 101,91.

Euro keluar dari level tertinggi tujuh minggu di 1,0929 dolar semalam dan terakhir stabil di 1,083 dolar, sementara yen mendekati level tertinggi enam minggu di 130,7 per dolar.

Harga minyak turun pada Jumat, dengan minyak mentah AS jatuh 1,0 persen menjadi diperdagangkan pada 69,27 dolar AS per barel, sementara minyak mentah Brent juga turun 0,9 persen menjadi 75,21 dolar AS per barel.

Emas sedikit lebih rendah. Emas spot diperdagangkan pada 1.992,09 dolar AS per ounce, mendekati level tertinggi dalam setahun.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023