Semarang (ANTARA) - Polrestabes Semarang akan melakukan langkah penyekatan di titik-titik masuk Kota Atlas untuk mengantisipasi datangnya Bonek, suporter Persebaya Surabaya yang tidak mengantongi tiket laga kontra PSIS Semarang.

Pertandingan tunda antara Laskar Mahesa Jenar vs Bajul Ijo, julukan Persebaya dijadwalkan berlangsung di Stadion Jatidiri Semarang, Rabu, 29 Maret 2023 pukul 20.30 WIB.

"Kami tadi dipimpin Wali Kota Semarang, tergabung juga Wali Kota Surabaya, dari panpel membahas persiapan pengamanan pertandingan antara PSIS melawan Persebaya," kata Kapolrestabes Semarang Kombes Pol. Irwan Anwar, di Semarang, Jumat.

Dari hasil rapat koordinasi itu, kata dia, disepakati bahwa suporter Persebaya hanya mendapatkan kuota 1.000 tiket yang akan dikoordinasi langsung keberangkatannya oleh Pemerintah Kota Surabaya.

"Mohon (Bonek) sebaiknya ndak usah datang ke Semarang kalau tidak punya tiket. Bonek itu tidak hanya berasal dari Surabaya, tapi ada yang dari Semarang, kota-kota di Jateng, Jatim, maupun Jabar," tambah Irwan.

Irwan mencontohkan sekumpulan Bonek yang kedapatan melakukan perusakan di kawasan Genuk beberapa waktu lalu ternyata berasal dari Cirebon, dan sudah dipulangkan ke daerahnya.

Baca juga: Polisi tembakkan gas air mata untuk bubarkan pendukung PSIS

Baca juga: Polisi periksa 16 pendukung PSIS pascabentrok di Stadion Jatidiri


Selain itu, kata dia, personel juga sudah disiapkan penyekatan untuk memperketat supaya tidak ada bonek tak bertiket yang masuk ke Kota Semarang, termasuk di masing-masing kecamatan.

"Ada perketatan di pintu-pintu masuk Semarang. Ibu Wali Kota sudah siapkan tim di kecamatan, disiapkan pula tim gabungan TNI-Polri, dan Pemkot untuk mengarahkan mereka kembali," tuturnya.

Di setiap kecamatan yang menjadi pintu masuk ke Kota Semarang, kata dia, telah disiagakan 93 personel untuk berjaga, serta disiapkan pula 30 truk untuk mengangkut mereka kembali ke arah perbatasan.

Sebagai langkah antisipasi, Irwan menambahkan pihaknya akan melakukan razia terhadap penonton yang kedapatan mabuk atau membawa minuman beralkohol sebelum masuk ke dalam stadion.

"Tadi, kita sudah berkomitmen yang (nafasnya) berbau alkohol akan diangkut. Akan ada razia, yang berbau miras (minuman keras), yang membawa miras, termasuk calo tiket," tegasnya.

Laga PSIS vs Persebaya tersebut merupakan pertandingan tunda setelah kedua tim batal bertemu pada 8 Februari 2023 karena tidak ada izin dari kepolisian.

Laskar Mahesa Jenar saat ini menempati peringkat 14 pada klasemen sementara Liga I Indonesia dengan 35 poin, sementara Persebaya berada di peringkat 10 dengan 39 poin.

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023