Manado (ANTARA) - PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara dan Gorontalo (BSG) bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meluncurkan Sarana Informasi Mobil Literasi dan Edukasi Keuangan (Simolek) di Universitas Klabat, Minahasa Utara.

"Peraturan Presiden Nomor 114 Tahun 2020 tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI) sasaran keuangan inklusif juga mencakup masyarakat lintas kelompok yang paling sedikit salah dan satunya adalah, kelompok pelajar dan pemuda," kata Direktur Operasional BSG Louisa Parengkuan di Manado, Jumat.

Hal ini, kata Louisa  merupakan salah satu sasaran kunci untuk mencapai target inklusi keuangan sebesar 90 persen di tahun 2024.

Untuk itu, katanya, akses terhadap keuangan formal perlu disiapkan kepada kelompok pelajar dan pemuda untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul dalam menyambut bonus demografi yang akan diperoleh Sulawesi Utara khususnya di Minahasa Utara

"Peluncuran Simolek di Unklab sebagai sarana mobilitas inklusi keuangan di daerah," katanya.

Dia mengatakan BSG sendiri telah memiliki komitmen mendukung inklusi keuangan di Sulawesi Utara dan Gorontalo Bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan lembaga-lembaga terkait terus berupaya meningkatkan inklusi keuangan.

Ia menjelaskan tidak hanya sebatas pengembangan produk dan layanan jasa keuangan tetapi juga meliputi empat elemen inklusi keuangan lainnya yaitu perluasan akses keuangan, ketersediaan produk dan layanan jasa keuangan, penggunaan produk dan layanan jasa keuangan. Serta, katanya, peningkatan kualitas baik kualitas penggunaan produk dan layanan jasa keuangan maupun kualitas produk dan layanan jasa keuangan itu sendiri.

Kepala OJK Sulutgomalut Winter Marbun mengatakan OJK menyediakan berbagai fitur dan fasilitas pada Simolek yang bisa dinikmati oleh masyarakat antara lain edukasi keuangan mengenai produk dan layanan lembaga jasa keuangan, serta fasilitas financial health check untuk mengetahui kondisi konsumen.

Hal ini diharapkan mampu meminimalisasi hambatan geografis, demografis, dan hambatan infrastruktur bagi masyarakat dalam memperoleh informasi dan pengetahuan terkait produk dan layanan lembaga keuangan.

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023