Jakarta (ANTARA) - Pebalap Gresini Racing Alex Marquez berhasil memimpin sesi latihan bebas atau free practice (FP) 1 MotoGP Portugal di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, Portugal, Jumat WIB.

Pebalap asal Spanyol tersebut mengungguli para pesaing utama musim ini seperti Franceso Bagnaia (Ducati Lenovo) dan sang kakak, Marc Marquez. Alex menorehkan catatan waktu keseluruhan 1 menit 38.782 detik.

Hujan gerimis yang turun saat pembukaan sesi pertama latihan bebas sempat membuat sebagian besar penonton menepi. Sekitar setengah jam sesi tersisa, hujan pun reda dan para pebalap mulai menuju ke trek.

Alex mengamankan posisi teratas dengan kecepatan yang begitu mendominasi. Sementara dua pembalap Repsol Honda Marc Marquez dan Joan Mir beredar bersama-sama dengan kecepatan yang solid, dengan Joan Mir benar-benar menguasai mesin Honda untuk mengantongi P2 di FP 1.

Baca juga: Alex Marquez siap tempur bersama Gresini Racing pada MotoGP 2023

Mir berada tepat di belakang Alex dengan catatan waktu 1 menit 38.827 dan Luca Marini (Mooney VR46 Ducati) dengan torehan waktu 1 menit 38.922 detik berada di posisi ketiga.

Di posisi empat ada Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Ducati) diikuti Johann Zarco (Pramac Ducati) di lima besar.

Posisi enam ditempati Maverick Viñales (Aprilia Racing). Ia berada di depan Jorge Martin (Prima Pramac Racing) yang memimpin sesi hingga tahap penutupan.

Juara favorit Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) dan Pecco Bagnaia (Ducati Lenovo) memiliki sesi yang relatif tenang dan finis P1 secara berurutan di posisi kedelapan dan kesembilan. Sementara, posisi kesepuluh ditempati oleh Marc Marquez (Honda Racing).

Baca juga: CryptoDATA RNF siap hadapi MotoGP 2023 dengan teknologi baru
Baca juga: Espargaro pastikan berada di kondisi prima hadapi MotoGP Portugal


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023