berharap angka stunting Sulut boleh turun cepat menyaingi Bali yang sudah 14 persen
Manado (ANTARA) - Pemerintah Provinsi dan Badan Kependudukan, Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulawesi Utara terus melakukan akselerasi menurunkan stunting hingga 12 persen di akhir tahun.

"Program penurunan stunting jalan terus, tim percepatan penurunan stunting akan lebih massif lagi menggelar acara di kabupaten dan kota," sebut Wakil Gubernur Steven Kandouw di Manado, Jumat.

Wagub Kandouw sebagai Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting mengatakan, secara 'de facto' terjadi penurunan, akan tetapi prevalensinya masih ada.

"Kita akan melaksanakan kegiatan secara bersama di Kabupaten Bolaang Mongondow dalam bentuk Safari Stunting," katanya.

Wakil Gubernur Sulut mengatakan, upaya penurunan stunting pada tahun ini akan lebih bagus lagi dibanding tahun kemarin.

"Pak Presiden selalu memonitor dua hal dalam setiap rapat koordinasi yaitu inflasi dan stunting. Kita tidak boleh lalai, BBKBN akan terus berkoordinasi tentang upaya penurunan stunting," ujarnya.

Baca juga: BKKBN Sulut dan para pihak gotong royong turunkan angka stunting
Baca juga: BKKBN Sulut bentuk satgas percepatan penurunan stunting

Kepala BKKBN Perwakilan Sulut, Diano T Tandaju mengatakan, sinergitas dengan pemerintah provinsi dalam penurunan angka stunting di daerah terus terbangun dan berjalan bersinergi.

"Kami gembira atas dukungan wakil gubernur, asisten dan teman-teman di provinsi, harapan kami acara yang dikemas dalam Safari Stunting itu berdampak pada penurunan stunting di daerah ini," katanya.

Safari Stunting akan diawali dari Kabupaten Bolaang Mongondow Timur karena di daerah tersebut kenaikannya di tahun 2022 sebesar 30 persen, setelah itu di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan provinsi.

"Ke depan kami berharap angka stunting Sulut boleh turun cepat menyaingi Bali yang sudah 14 persen. Kami juga optimistis ikut bergabungnya TNI untuk membantu di akhir tahun 2023 angka stunting Sulut mencapai 12 persen," katanya menambahkan.

Angka stunting provinsi berpenduduk lebih 2,6 juta jiwa tersebut sebagaimana hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2022 sebesar 20,5 persen.

Baca juga: BKKBN Sulut Pemkab Minahasa Utara akselerasi turunkan stunting

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023