Rendangmu baru pertama kali ada di Gorontalo
Gorontalo (ANTARA) - Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer, mendukung program daging kurban kemasan yang dinamai 'Rendangmu' oleh Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) Gorontalo.

"Saya sempat terkejut dengan program ini. Inovasi yang sangat memukau dilakukan pihak Lazismu yang patut didukung. Apalagi Rendangmu baru pertama kali ada di Gorontalo," kata Gubernur Hamka, di Gorontalo, Jumat.

Ia pun memberikan dukungan dalam bentuk dana sebesar Rp50 juta kepada Lazismu Gorontalo.

Program sangat luar biasa ini, yaitu penyaluran daging kurban kemasan Rendangmu dengan masa kadaluwarsa tiga tahun ini. Nantinya tidak diperjualbelikan tetapi akan disalurkan kepada yang kurang mampu, tanggap bencana, dan kegiatan sosial kemanusiaan lainnya.

Hal itu disampaikan Hamka, setelah menerima audiens tim Lazismu, diantaranya mengenalkan inovasi daging kurban kemasan tersebut.

Baca juga: Muhammadiyah: Ramadhan momentum perkuat solidaritas bantu sesama
Baca juga: Lazismu akan salurkan daging kurban ke Rohingya

Manajer Area Lazismu Gorontalo, Mujahid Ngou, menjelaskan, Rendangmu merupakan inovasi yang dikembangkan Lazismu wilayah Jawa Timur, yang diadopsi oleh Lazismu Nasional.

"Kami meminta dukungan pemerintah provinsi untuk mengadakan daging kurban kemasan siap santap Rendangmu di Gorontalo. Tindakan ini juga sesuai instruksi Lazismu Nasional yang mengharuskan Lazismu wilayah Gorontalo dapat mengambil bagian dalam inovasi tersebut," katanya.

Inovasi itu muncul karena di masyarakat, daging-daging sering melimpah ruah bahkan sampai mubazir dan membusuk di lemari es. Sedangkan Rendangmu ini, sudah praktis dan tahan lama.

Untuk itu Lazismu mengajak pemerintah provinsi, untuk bekerja sama mengambil bagian atau bisa memberikan dukungan untuk merealisasikan Rendangmu di Gorontalo.

"Alhamdulillah pak Gubernur memberi dukungan bahkan ikut ambil bagian dengan memberikan dukungan dalam bentuk dana. Kami optimistis program Rendangmu dapat membantu masyarakat dan memudahkan penyaluran daging kurban, termasuk untuk berbagai kegiatan kemanusiaan," katanya.

Baca juga: Baitulmaal Muamalat salurkan daging kurban berbentuk rendang kaleng

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023