Jakarta (ANTARA) - Timnas Basket Elit Putri mempersiapkan SEA Games Kamboja dengan melakukan pemusatan latihan (TC) sejak 12 September 2022 dan menyerap ilmu dari salah satu pelatih NBA asal Amerika Serikat Chris Matthews yang didatangkan ke Surabaya.

Menurut Penanggung Jawab Timnas Elit Putri Christoper, Matthews datang ke Surabaya setelah SEA Women Basketball League (SWBL) Singapore Series awal Maret. Ia sengaja diundang untuk menguatkan keahlian individu para pemain, terutama dalam akurasi menembak.

“Chris Matthews baru bergabung dengan kami setelah SWBL di Singapura. Dia di sini hanya singkat saja, karena jadwal dia yang padat di Amerika mendekati beberapa event besar seperti NCAA Final Four 2023 dan NBA Playoffs. Alasan kami datangkan dia sederhana saja, kami ingin menjadi yang terbaik,” kata Christopher dalam keterangan resmi, Sabtu.

November tahun lalu, timnas basket putri didatangi Blair O’Donovan. Pelatih yang diimpor dari Amerika Serikat itu datang dengan misi menguatkan kondisi fisik para pemain.

Baca juga: Timnas basket putri datangkan pelatih asal AS Chris Matthews

Fisik yang prima membuat timnas elit putri mampu mencatatkan sejarah dengan menjadi kampiun SWBL Introduction Series pada Desember 2022.

Christopher menjelaskan bahwa Chris Matthews dan Blair O’Donovan merupakan dua pelatih yang memiliki banyak pengalaman di level yang sangat tinggi. Kedua pelatih tersebut juga sudah dipercaya oleh banyak organisasi basket besar di dunia, termasuk oleh para atlet profesional NBA seperti Anthony Davis, Domantas Sabonis, Jaylen Brown, dan Candace Parker.

Bersama timnas elit putri, Chris Matthews mengajarkan bukan hanya shooting, tapi juga ketenangan dalam memilih keputusan kapan untuk menembak, pasing, atau drive.

Banyak hal detail yang ia berikan kepada para pemain guna membaca situasi dan mengambil keputusan di lapangan dengan lebih tenang, namun tetap siap untuk bermain dengan intensitas yang tinggi.

"Selama dia di sini, perubahan utama yang kami dapatkan adalah pola pikir para pemain dalam membaca situasi di lapangan,” kata Christopher soal Chris yang akan kembali ke Amerika pada Minggu.

Baca juga: Timnas basket putri langsung latihan untuk SEA Games usai dari Taiwan
Baca juga: Indonesia juara musim perdana Liga Bola Basket Putri Asia Tenggara

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023