Jakarta (ANTARA) - Ketua Bidang Pembinaan Prestasi Pengurus Besar Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (PB IKASI) Masyhudi  tengah bersiap menjalani pelatnas di Hungaria menjelang SEA Games 2023 Kamboja.

Program tersebut menjadi tambahan bagi timnas selain menjalani pemusatan latihan di dalam negeri.

"Pengiriman timnas anggar Indonesia ke Hongaria bukan hanya untuk menghadapi SEA Games 2023 Kamboja, tetapi juga Asian Games 2023 Hangzhou dan babak kualifikasi Olimpiade 2024 Paris. Ini merupakan program pembinaan jangka panjang PB IKASI dalam upaya mengembalikan kejayaan anggar Indonesia ke depan," ujar Masyhudi melalui keterangan resminya di Jakarta, Sabtu.

Selepas SEA Games 2023, skuad timnas anggar Indonesia tetap kembali ke Hongaria sebagai program jangka panjang.

"Saya minta seluruh atlet fokus menjalani program latihan dan memanfaatkan TC di Hungaria sebaik mungkin dalam upaya meraih prestasi di SEA Games 2023 Kamboja nanti," imbuhnya.

Manajer timnas anggar Indonesia Eka Widiastuti menyatakan, pengiriman Ricky Dhisullimah dan kawan-kawan ke Hongaria bertujuan agar tidak mengulang kejadian di SEA Games 2021 Vietnam, karena anggar menjadi satu-satunya cabang yang tidak menyumbangkan medali.

Baca juga: KONI Pusat singgung penurunan prestasi anggar Indonesia

"Sebenarnya kita ditargetkan satu medali emas tetapi kita berusaha meraih dua emas dari 12 medali emas yang diperebutkan di Kamboja nanti. Dan, saya yakin target itu bisa dipenuhi, apalagi mereka yang diberangkatkan adalah atlet terbaik dan punya potensi ke depan. Mereka hanya butuh pengalaman bertanding internasional lebih banyak saja untuk bisa menjadi yang terbaik," tegas Eka.

"Mereka akan kita ikut Grand Prix untuk meraih poin dalam upaya meraih tiket ke Olimpiade 2024 Paris. Makanya, mereka tetap berada di Hungaria agar tidak tertinggal dalam meraih poin di Grand Prix untuk meraih tiket ke Paris," katanya menambahkan.

Berikut adalah skuad timnas anggar Indonesia di SEA Games 2023:

Manajer Tim: Eka Widiastuti
Koordinator Pelatih: Cucu Sundara
Pelatih Kepala: Lucky Ramadhani​​​​​​​
Analisis Performa: Olfi Rumuat​​​​​​​
Pelatih Sabre: Rully Maulidhani​​​​​​​
Pelatih Epee: Agustinus Pieter Manuhutu

Atlet
Sabre/Sable Putra
1. Ricky Dhisullimah​​​​​​​
2. M Irfandi Nurkamil​​​​​​​
3. Dita Afriadi

Foil/Floret Putri
1. Leoda Lundy Winona

Epee/Degen Putra
1. Indra Jaya Kusuma
2. Joneska Pitera Anggera
​​​​​​​3. Anggi Wiliansyah

Baca juga: Agus Suparmanto kembali pimpin PB IKASI periode 2022-2026

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023