Jakarta (ANTARA) -
Zlatan Ibrahimovic menjadi pemain tertua yang berlaga di ajang kualifikasi Euro pada usia 41 tahun, 5 bulan dan 21 hari saat ia tampil membela tim nasional Swedia melawan Belgia, Sabtu dini hari WIB.
 
Striker AC Milan tersebut mematahkan rekor milik legenda tim nasional Italia Dino Zoff yang berlaga di kualifikasi Euro pada usia 40 tahun dan 90 hari.
 
Pencetak gol terbanyak sepanjang masa timnas Swedia itu baru masuk ke lapangan menggantikan Alexander Isak pada menit ke-73.
 
Penampilan pertama di timnas sekembalinya dari cedera lutut pada Mei 2022 lalu tidak berjalan manis untuk Ibrahimovic.

Baca juga: Romelu Lukaku cetak trigol saat timnas Belgia atasi Swedia
 
Dalam pertandingan grup F kualifikasi Euro di Stadion Friends Arena, Stockholm, Swedia tersebut, tim tamu Belgia, dikutip dari laman UEFA, berhasil meraup poin penuh melalui tiga gol yang dicetak Romelu Lukaku.
 
Swedia tidak dapat berbuat banyak untuk memperkecil kedudukan. Hingga peluit berakhir skor 3-0 bertahan untuk kemenangan "The Rode Duivels".
 
"Perasaan saya, kami bermain bagus pada pertandingan melawan salah satu tim terbaik. Kami mendekati jumlah peluang yang mereka miliki tapi tidak menghasilkan gol, sedangkan mereka berhasil," kata pelatih Swedia Janne Anderson dalam konferensi pers seusai laga.
 
Dalam laga lanjutan kualifikasi Swedia akan menghadapi Azerbaijan pada Selasa (28/3), sementara Belgia akan bertemu Jerman pada pertandingan persahabatan di Stadion Rhein Energie, Rabu (29/3).

Baca juga: Kylian Mbappe cetak brace, Prancis menang telak 4-0 atas Belanda
 
Susunan pemain:
Swedia (4-4-2) : Robin Olsen, L. Augustinnson (85' Ludwig Augustinnson), Hjalmar Ekdal, Victor Lindelof, Linus Wahlqvist, Emil Forsberg (73' Viktor Claesson), S. Gustafson, Kristoffer Olsson (64' Viktor Gyokeres), Mattias Svanberg, Alexander Isak (73' Zlatan Ibrahimovic), Dejan Kulusevski.
 
Belgia (4-1-4-1) : Thibaut Courtois, Arthur Theate (85' Alexis Saelemakers), Jan Vertonghen, Wout Faes, Timothy Castagne, Yannick Carrasco (90' Lois Openda), Leandro Trossard (61' Orel Mangala), Kevin De Bruyne, Dodi Lukebakio (61' Johan Bakayoko), Romelu Lukaku (85' Sebastian Bornauw).

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2023