Jakarta (ANTARA) -
Spanyol mengawali petualangan mereka bersama pelatih baru Luis de la Fuente dengan menantang Norwegia pada laga kualifikasi Euro 2024, Minggu (26/4).
 
Laga tersebut akan menjadi debut bagi de la Fuente sebagai arsitek La Furia Roja setelah ia ditunjuk pada Januari lalu menggantikan Luis Enrique menyusul kegagalan Spanyol di Piala Dunia 2022.
 
Dengan segudang pengalaman menangani timnas Spanyol mulai dari U-18, U-19 dan U-21, De la Fuente akan meramu skuad potensial yang diisi sejumlah pemain muda seperti Gavi, Nico Williams dan Alejandro Balde.
 
Pada kualifikasi Euro kali ini, pelatih yang membawa Spanyol U-21 juara Eropa 2018 itu bakal menjajal pemain-pemain debutan seperti Martin Zubimendi, David Garcia dan Joselu Mato.
 
Spanyol dan Norwegia tergabung pada grup A kualifikasi Euro 2024 bersama Cyprus, Skotlandia dan Georgia. Secara kedalaman skuad tim Matador diunggulkan untuk lolos ke Euro 2024.

Baca juga: Zlatan Ibrahimovic jadi pemain tertua di kualifikasi Euro
 
Tim tamu Norwegia berkunjung ke stadion La Rosaleda, Malaga, Spanyol tanpa diperkuat penyerang andalan mereka Erling Haaland yang mengalami cedera pangkal paha.
 
Tim besutan Staale Solbakken itu akan mengandalkan sang kapten Martin Odegaard yang sedang tampil apik di level klub bersama Arsenal.
 
Dalam lima pertemuan terakhir  kedua tim, Spanyol unggul atas Norwegia dengan meraih tiga kali kemenangan, satu hasil seri dan satu kekalahan.
 
Selain itu Spanyol punya rekor baik kala bermain di kandang dalam kualifikasi Euro dengan meraih 22 kemenangan kandang dan meraih catatan 14 laga tanpa kebobolan.
 
Sedangkan Norwegia dalam empat laga tandang kualifikasi Euro terakhir belum mengalami kekalahan dengan memperoleh hasil dua kali menang dan dua kali seri.
 
Terakhir kali Norwegia mengalami kekalahan di kualifikasi Euro adalah ketika menghadapi Spanyol pada 2019 dengan skor 1-2.
 
Prediksi susunan pemain:
Spanyol (4-3-3) : Kepa Arrizabalaga, Dani Carvajal, Inigo Martinez, Aymeric Laporte, Alejandro Balde, Gavi, Rodri, Dani Ceballos, Mikel Oyarzabal, Alvaro Morata, Dani Olmo.
 
Norwegia (4-3-3) : Orjan Nyland, M.H. Pedersen, S. Strandberg, Leo Ostigard, Birger Meling, Martin Odegaard, Patrick Berg, Sandre Berge, Mats Moeller Daehli, Alexander Sorloth, Mohammed Elyounoussi.

Baca juga: Kylian Mbappe cetak brace, Prancis menang telak 4-0 atas Belanda

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023