Saya minta agar Bank Jatim siap memberikan dukungan perbankan. Dukungan ini agar pedagang tidak terjerat rentenir
Kota Batu, Jawa Timur (ANTARA) - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta peran aktif Bank Jatim untuk memberikan pendampingan manajemen keuangan bagi pedagang yang nantinya akan menempati Pasar Induk Kota Batu.

Khofifah, di Kota Batu, Jawa Timur, Sabtu, mengatakan bahwa kehadiran Bank Jatim dalam sistem manajemen perbankan pasar tersebut, bertujuan agar pedagang yang ada tidak terjerat oleh rentenir.

"Saya minta agar Bank Jatim siap memberikan dukungan perbankan. Dukungan ini agar pedagang tidak terjerat rentenir," kata Khofifah.

Dalam kesempatan itu, Khofifah melakukan pengecekan terhadap pembangunan Pasar Induk Kota Batu yang terletak di Jalan Dewi Sartika, Kelurahan Temas, Kecamatan Batu, yang diperkirakan akan rampung pada 31 Mei 2023.

Khofifah menjelaskan, pendampingan kepada pedagang pasar tersebut diharapkan juga termasuk dalam pembuatan sistem keuangan pasar yang nantinya bisa memudahkan akses bagi para pedagang yang membutuhkan pembiayaan.

"Termasuk membuat sistem keuangan pasar yang memudahkan akses, dan perbankan bersiap bagi pedagang yang membutuhkan pembiayaan," katanya.

Ia berharap nantinya pasar tersebut bisa diresmikan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo mengingat pembangunan pasar tersebut merupakan proyek strategis nasional yang diusulkan oleh Wali Kota Batu periode 2017-2022, Dewanti Rumpoko.

"Karena ini proyek nasional, kita berharap akan diresmikan oleh Bapak Presiden," katanya.

Khofifah juga memberikan apresiasi terhadap keseluruhan aspek dan desain bangunan pada Pasar Induk Kota Batu tersebut. Ia berharap, pembangunan pasar tersebut bisa selesai tepat waktu pada akhir Mei 2023.

"Pasar Induk Kota Batu ini luar biasa, jika ini dijadikan One-Stop Service ke wisatawan diharapkan dapat mengurai kemacetan di Kota Batu," katanya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Wali Kota Batu Aries Agung Paewai menambahkan, saat ini proses pembangunan pasar tersebut sudah mencapai 93,67 persen. Proses perampungan menyisakan pekerjaan taman dan paving, pemadatan jalan serta pekerjaan tangga penghubung.

Ia menambahkan, salah satu tugas utama sebagai Penjabat Wali Kota Batu adalah memastikan pembangunan Pasar Induk Kota Batu rampung sesuai target. Ia berharap, pasar tersebut bisa segera rampung dan beroperasi sesuai waktu yang ditentukan.

"Saya bersyukur pembangunan pasar induk ini berjalan sesuai target. Semoga seperti apa yang disampaikan Ibu Gubenur, nanti akan diresmikan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo," katanya.

Pasar Induk Kota Batu dibangun dengan konsep tiga lantai, yakni pada lantai pertama merupakan area basah seluas 14.990,62 meter persegi dan pada lantai dua merupakan area kering seluas 14.143,63 meter persegi.

Sementara pada lantai tiga, akan disiapkan untuk tempat kuliner dan kantor dengan luas 6.032,86 meter persegi. Pasar yang dibangun di atas lahan seluas 34 hektare tersebut, juga memiliki Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang ramah lingkungan.

Baca juga: Pemerintah targetkan pembangunan Pasar Induk Kota Batu tuntas Mei 2023

Baca juga: Kementerian PUPR bangun pasar induk Kota Batu, perkuat ekonomi rakyat


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023