Kelebihan dari PIP Makassar adalah memiliki sarana dan prasarana belajar yang lengkap, mulai dari ruang praktik, laboratorium dan kapal latih
Jakarta (ANTARA) - Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar, lembaga pendidikan di bawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Perhubungan (Kemenhub), terus melakukan inovasi sumber daya manusia untuk mencetak pelaut profesional di dunia pelayaran.

"Kelebihan dari PIP Makassar adalah memiliki sarana dan prasarana belajar yang lengkap, mulai dari ruang praktik, laboratorium dan kapal latih," kata Direktur PIP Makassar Capt Sukirno dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Dikatakannya, saat ini, PIP Makassar telah membuka pendaftaran taruna dan taruni baru atau Seleksi Penerimaan Calon Taruna/Taruni (Sipencatar) dan akan menerima 560 taruna dengan seleksi ketat melalui standar dari BPSDMP, mulai tes administrasi, kesehatan, akademis, psikologi, serta wawancara.

PIP Makassar merupakan perguruan tinggi vokasi bidang pelayaran yang menyelenggarakan Program Diploma IV dengan mengembangkan kompetensi pelaut hingga pembentukan kader muda profesional transportasi laut.

Menurutnya, Program Diploma IV Pelayaran adalah salah satu layanan pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan PIP Makassar untuk membentuk putra-putri lulusan sekolah menengah atas menjadi calon perwira pelayaran niaga dan profesional di industri pelayaran. Program tersebut biasa juga disebut diklat pembentukan atau diklat awal perhubungan.

"Program Diploma IV ini dapat dipilih dari tiga program studi yang disediakan yakni Nautika, Teknika, dan KALK (Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhan). Lulusan dari program diklat ini akan memperoleh ijazah Diploma IV dengan gelar Sarjana Sains Terapan Pelayaran (SST Pel). Ketiga Program Studi itu telah terakreditasi UNGGUL dari BAN PT Kemendikbud Ristek dan Teknologi," katanya.

Sukirno mengatakan untuk bisa menjadi taruna di PIP Makassar saat ini semakin mudah, ada pilihan jalur yang bisa dipilih yakni jalur pola pembibitan atau jalur ikatan dinas, jalur ini disiapkan bagi calon aparatur negara untuk Kementerian Perhubungan.

Jalur ini secara layanan memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan taruna dari jalur nonpolbit, hanya saja terkait pembayaran dibebaskan dari pembayaran terkait kegiatan diklat dan untuk makan minum dan pakaian seragam tetap ditanggung oleh peserta didik.

Kedua, katanya, jalur nonpola pembibitan yang terdiri atas reguler dan mandiri. Jalur ini dapat dilakukan melalui pendaftaran calon taruna yang dikelola langsung melalui Badan Pengembangan SDM Perhubungan dan dilakukan secara nasional dan serentak untuk semua sekolah di bawah Kementerian Perhubungan.

Untuk pendaftaran berlangsung secara online di https://sipencatar.dephub.go.id dan website BAKN. Atau dapat diakses melalui website http://pmb.pipmakassar.ac.id.

Baca juga: Kemenhub berkontribusi dalam bangun pelayaran nasional
Baca juga: PIP Makassar ikut wujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia
Baca juga: Kemenhub perbaharui sistem pendidikan PIP Makassar

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023