Banjarbaru (ANTARA) - Tiga prajurit Batalyon Infanteri 623/Bhakti Wira Utama (BWU) mengakhiri tugas misi perdamaian di Lebanon sebagai Satuan Tugas Yonif Mekanis (Satgas Yonmek) TNI Kontingen Garuda (Konga) XXIII-P UNIFIL, untuk kembali ke kesatuan tersebut di Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

"Kami telah melaksanakan acara tradisi penyambutan kedatangan personel kembali dari penugasan luar negeri yang tentunya sangat membanggakan," kata Danyonif 623/BWU Letkol Inf Dimas Yamma Putra di Banjarbaru, Minggu.

Adapun tiga prajurit yang berprestasi menjalankan tugas perdamaian internasional itu yakni Praka Nanang, Praka Dodik Suhartanto dan Pratu Diantoro.

Ketiganya disambut penuh hormat dan haru oleh seluruh rekan prajurit di Yonif 623 jajaran Korem 101/Antasari, Kodam VI/Mulawarman yang telah menanti kedatangan mereka kembali setelah satu tahun bertugas di bawah bendera Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).
Tradisi penyambutan tiga prajurit Yonif 623/BWU yang mengakhiri tugas sebagai Kontingen Garuda di Lebanon. (ANTARA/Firman)


Dimas menyebut penyambutan tersebut sebagai bentuk apresiasi kepada prajurit yang telah membawa nama harum TNI Angkatan Darat, khususnya Yonif 623 di kancah dunia.

"Ketiga prajurit tersebut telah berhasil mengakhiri masa bakti sebagai pasukan penjaga perdamaian di Lebanon dengan sempurna tanpa catatan pelanggaran," ujarnya.

Dia berharap pengalaman berharga yang diperoleh mereka, dapat dijadikan motivasi dalam meningkatkan pengabdian kepada bangsa dan negara.

"Semoga bisa menularkan ilmu dan pengalaman bagi rekan di kesatuan sekaligus menginspirasi untuk meraih pencapaian serupa," ucapnya.
 

Pewarta: Firman
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2023