Biak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua, menyiapkan ajang Festival Gerhana Matahari Total (GMT) pada 18-20 April sebagai salah satu rangkaian agenda menuju Sail Teluk Cenderawasih 2023.

"Festival GMT pertama kali digelar merupakan fenomena alam menonton dan menyaksikan kejadian gerhana di Biak," ujar Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Biak Numfor, Onny Dangeubun, menjawab ANTARA di Biak, Minggu (26/3). 

Ia mengatakan, festival menyaksikan Gerhana Matahari Total yang memiliki dua macam Gerhana Berbeda, yang terjadi dalam satu waktu secara berurutan dalam satu fenomena.

Diperkirakan penampakan GMT 2023 untuk wilayah Timur di Provinsi Papua akan terjadi pada pukul 12.20 WIT atau 10.20 WIB dan puncaknya pada 13.57 WIT atau 11.57 WIB.

Diakuinya, pada Kamis, 20 April 2023, hampir sebagian wilayah Indonesia akan dapat mengamati gerhana matahari.

Mereka yang berada di jalur totalitas berkesempatan menyaksikan salah satu pemandangan alam yang paling menakjubkan, yaitu Gerhana Matahari Total (GMT).

Baca juga: Basarnas siapkan petugas terlatih dukung Sail Teluk Cenderawasih 2023

Jalur jalan sempit memanjang membentang melewati sejumlah daerah di Provinsi Maluku, Provinsi Papua Barat, dan Provinsi Papua.

Pengamatan di luar jalur ini masih dapat mengamati fenomema alam Gerhana Matahari Sebagian (GMS).

Gerhana Matahari Hibrida bisa disaksikan di beberapa wilayah terpencil seperti Pulau Kisar, Pulau Maopora, Pulau Damar, Pulau Watubela, Kampung Antalisa (Fakfak), Randepandai, Roswar, Pulau Num, Wooi, Serui, dan Biak Kota.

"Karena festival Gerhana Matahari Total bagian acara dari kegiatan Sail Teluk Cenderawasih 2023," harapnya.

Ia berharap, festival GMT 2023 banyak mendapat kunjungan wisatawan dari luar negeri dan wisatawan nusantara untuk melihat GMT sebagai fenomena alam yang langka langsung dari Biak," sebut Kadispar Turbey.

Pelaksanaan Sail Teluk Cenderawasih akan berlangsung 1-5 November 2023 dan dijadwalkan dibuka Presiden Joko Widodo.

Kabupaten yang mengikuti STC 2023 di Biak sebanyak empat daerah yakni Kabupaten Sarmi, Waropen, Yapen kepulauan dan Biak Numfor.


Baca juga: PHRI Biak mendukung STC 2023 tingkatkan kunjungan wisatawan
Baca juga: Pemkab Biak ajak pemangku kepentingan dukung Sail Teluk Cenderawasih
Baca juga: Kogabwilhan III dukung penyelenggaraan Sail Teluk Cenderawasih

 

Pewarta: Muhsidin
Editor: Arief Mujayatno
Copyright © ANTARA 2023