Kepada masyarakat diingatkan agar tetap waspada hujan sedang hingga lebat di sertai angin kencang dan badai petir di wilayah lereng Barat, pantai Barat, dan pegunungan Sumatera Utara yang dapat menyebabkan banjir dan longsor
Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat di sebagian wilayah Sumatera Utara untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem yang dapat mengakibatkan terjadinya bencana hidrometeorologi.

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Aryo Prasetyo Mulyo di Medan, Senin, mengatakan, sebagian wilayah Sumatera Utara berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat menyebabkan banjir dan longsor.

"Kepada masyarakat diingatkan agar tetap waspada hujan sedang hingga lebat di sertai angin kencang dan badai petir di wilayah lereng Barat, pantai Barat, dan pegunungan Sumatera Utara yang dapat menyebabkan banjir dan longsor," katanya.

Secara umum cuaca di Sumatera Utara pada Senin siang dan sore berawan dan berpeluang hujan ringan hingga sedang.

Baca juga: BMKG: Waspada potensi hujan lebat di sebagian Sumatera Utara

Hujan dengan intensitas sedang terjadi di wilayah Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Toba, Samosir, Tapanuli Utara, Padang Sidempuan, Labuhan Batu, Mandailing Natal, Kepulauan Nias, dan sekitarnya.

Malam hari berawan dan berpeluang hujan ringan hingga sedang di sebagian wilayah Sumatera Utara.

Hujan sedang berpotensi dapat terjadi di wilayah Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Tapanuli Tengah, Labuhan Batu, Labuhan Batu Utara, Padang Sidempuan, Mandailing Natal dan sekitarnya.

Sementara suhu udara: 16.0 – 34.0 derajat Celsius, kelembapan udara : 65 – 98 persen, dan angin berhembus dari Barat Laut – Timur Laut dengan kecepatan 10 – 20 km/jam.

Baca juga: BMKG: Cuaca panas hingga 35 derajat Celsius landa Kota Medan

Pewarta: Juraidi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023