Kami titipkan pada kantor cabang bank daerah yang ada di sana, yakni Bank Bengkulu
Bengkulu (ANTARA) - Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Bengkulu menjamin ketersediaan uang tunai di pulau terluar Indonesia di Bengkulu, Pulau Enggano guna memenuhi kebutuhan  masyarakat selama periode Ramadhan dan Idul Fitri 2023.
 
"Kami titipkan pada kantor cabang bank daerah yang ada di sana, yakni Bank Bengkulu," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu Darjana di Bengkulu, Senin.

Bank Indonesia Provinsi Bengkulu akan menyediakan berapa saja kebutuhan tari tunai maupun penukaran uang dari masyarakat setempat guna menjamin ketersediaan uang tunai masyarakat.
 
Untuk kebutuhan se Provinsi Bengkulu saja, Bank Indonesia menyiapkan kas bahkan kas jauh lebih besar dari estimasi kebutuhan uang tunai selama Ramadhan dan Lebaran 2023.
 
BI telah menyiapkan sebanyak Rp2,67 triliun untuk kebutuhan uang tunai masyarakat di Provinsi Bengkulu selama Ramadhan dan Idul Fitri 2023.
 
"Proyeksi estimasi kebutuhan uang yakni sebesar Rp2,13 triliun, sehingga rasio tingkat kecukupan kas yang disiapkan sebesar 125,2 persen," kata dia.
 
Selain itu, BI juga mengajak bagi warga yang masih memanfaatkan transaksi tunai untuk berhati-hati berbagai risiko yang harus dicegah, salah satunya yakni peredaran uang palsu.
 
"Kami terus mengedukasi masyarakat tentang ciri-ciri keaslian uang rupiah, dan akan terus melakukan edukasi, sosialisasi serta literasi," kata Darjana.
 
Salah satunya mencegah masyarakat dirugikan akibat peredaran uang palsu kata dia yakni dengan beralih menggunakan sistem pembayaran non-tunai yakni memanfaatkan QRIS.
 
"Selain mengedukasi masyarakat tentang ciri-ciri keaslian rupiah. Kami terus mendorong pemanfaatan transaksi melalui QRIS, karena akan mengurangi peredaran dari uang palsu," ujarnya.

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023