Jakarta (ANTARA) - Pebalap Repsol Honda Marc Marquez bakal melewatkan putaran kedua MotoGP di Argentina pada awal April karena harus menjalani operasi tangan dan fokus pemulihan.

Dikutip dari keterangan resmi MotoGP, Senin, Marquez telah melakukan pemeriksaan lebih lanjut usai insiden tabrakan dengan Miguel Oliveira (CryptoDATA RNF) saat balapan di GP Portugal, Minggu (26/3).

Ia melakukan pemeriksaan di Spanyol dan didiagnosa mengalami patah tulang intraartikular di pangkal metakarpal pertama ibu jari tangan kanan.

“Pebalap nomor #93 segera menjalani operasi di Ruber Internacional Hospital di Madrid dengan Dr. Ignacio Roger de Oña yang akan memimpin tim yang terdiri dari Dr. Samuel Antuña dan Dr. Andrea Garcia Villanueva,” kata MotoGP.

Pembedahan yang akan dilakukan terdiri dari pengurangan fraktur tertutup dan fiksasi internal.

Baca juga: Bagnaia menangi Sprint Race perdana di MotoGP Portugal
Baca juga: Mario Aji finis P18 di Moto3 Portugal


“Baik Marquez maupun Repsol Honda telah sama-sama memutuskan bahwa sang juara dunia delapan kali itu akan melewatkan GP Argentina dan sepenuhnya fokus pada pemulihan agar bisa tampil dalam kondisi terbaik di putaran-putaran selanjutnya,” kata MotoGP.

Musim ini merupakan awal yang berat bagi pebalap Spanyol itu. Tak hanya terlibat tabrakan parah dan harus menjalani operasi serta melewatkan ronde kedua MotoGP 2023, ia juga dikenakan penalti double long-lap yang akan diambil pada putaran berikutnya dari kalender MotoGP.

Steward FIM MotoGP memberikan penalti double long-lap untuk Marquez di balapan putaran kedua GP Argentina karena sang pebalap dianggap "berkendara dengan tidak bertanggung jawab" atau melanggar pasal 1.21.2 dalam regulasi FIM.

Di sisi lain, Marquez menerima dengan lapang dada terkait putusan penalti tersebut. Ia juga menyesal karena kecelakaan besar harus terjadi di balapan pembuka Portugal.

“Saya sepenuhnya menerima dan menghormati penalti double long-lap di GP Argentina karena saya melakukan kesalahan,” ujar Marquez.

Baca juga: Marquez dikenakan penalti setelah "crash" dengan Oliveira
Baca juga: Bagnaia rebut podium pertama di MotoGP Portugal, Marquez out


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023