Kami sangat mengapresiasi pencapaian dari dua desa wisata ini.
Pangkalpinang (ANTARA) - Desa Wisata Tari Rebo dan Desa Wisata Kreatif Terong di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung masuk 75 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023, sehingga dapat menjadi obyek wisata berkelas dunia.

"Kami sangat mengapresiasi pencapaian dari dua desa wisata ini," kata Plt Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Kepemudaan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Herwanita di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan penilaian dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) terdiri atas lima kategori yakni daya tarik pengunjung, kemudian suvenir, lalu homestay dan toilet, selanjutnya digital dan kreatif, terakhir kelembagaan desa wisata CHSE.

"Daya tarik pengunjung ini maksudnya keunikan dan keaslian seperti alam dan buatan, seni, serta budayanya," katanya.

Baca juga: Pulau Penyengat Kepri 75 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023

Ia menjelaskan secara garis besar untuk potensi Desa Wisata Terong yang masuk 75 besar ADWI 2023 terbagi menjadi tiga yakni desa wisata alam yakni wisata perbukitan (Bukit Tebalu Simpor Laki), wisata agro, wisata pantai dan mangrove.

Desa wisata budaya yakni berupa kegiatan seni tari tradisional dan musik gambus yang tergabung dalam Sanggar Tari Aik Rusa Berehun serta semua hal yang berkaitan dengan adat istiadat dan kearifan lokal masyarakat Desa Wisata Kreatif Terong.

Kemudian ada desa wisata buatan yakni berupa lokasi meeting point sekaligus lokasi berbagai kegiatan wisata edukasi bernama Wisata Aik Rusa Berehun yang memanfaatkan bekas tambang timah milik masyarakat yang di reklamasi secara swadaya oleh komunitas sehingga menjadi kawasan yang hijau kembali

Sementara itu desa wisata Tari Rebo atau Destinasi Wisata Tanjung Ratu Karang Panjang Rebo Indah terletak di Desa Rebo Kabupaten Bangka juga memiliki keunggulan yang membuatnya masuk dalam 75 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

"Keunggulan desa wisata ini terdapat sejumlah tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi yakni Pantai Takari, Pantai Mangkalok, Pantai Rebo, dan Pantai Tikus," katanya.

Baca juga: Menparekraf siap mulai visitasi 75 desa wisata dalam program ADWI

Ia menambahkan selain itu ada tempat wisata religi seperti Puri Tri Agung dan Pagoda Nusantara Bukit Rebo.

"Kami berharap kedepannya pencapaian dari Desa Wisata Tari Rebo dan Desa Wisata Kreatif Terong bisa menjadi motivasi bagi desa-desa lain di Bangka Belitung untuk memajukan desanya," katanya.
 

Pewarta: Aprionis
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023