Jakarta (ANTARA) - Alex Marquez mampu finis di posisi lima pada balapan pembuka MotoGP 2023 di Sirkuit Internasional Algarve Portimao, Portugal, Minggu (26/3) dan hasil tersebut dinilai cukup menjanjikan di laga debut bersama Tim Gresini Racing.

Selain finis posisi lima dan berhak 12 poin, pebalap yang didukung oleh Federal Oil ini, dikutip dari laman MotoGP juga mendapatkan satu poin setelah finis kesembilan pada Sprint Race di tempat yang sama, Sabtu (25/3).

"Alex Marquez menunjukkan talenta yang menjanjikan pada balapan MotoGP Portugal. Tentunya tidak terlepas juga dari dukungan rekomendasi ahli tim mekanik yang mempersiapkan motor untuk balapan," kata Market Development Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI), Sri Adinegara sebagai salah satu sponsor tim, di Jakarta, Senin.

Selepas start di lintasan Autodromo Internacional do Algarve, Alex Marquez berhasil memposisikan diri bersama rombongan pebalap terdepan. Hal ini juga didukung oleh motor Ducati Desmosedici GP22 yang menghadirkan kekuatan pada lintasan lurus.

“Saya mencoba untuk tetap mempertahankan posisi empat, tapi masih belum cukup menutup di tikungan 14. Tampil di balapan pertama ini masih belum ada keluhan, dan pastinya kita akan hadapi MotoGP Argentina dengan penuh kepercayaan diri," kata Alex Marquez.

Baca juga: Alex Marquez buka poin perdana untuk Tim Gresini Racing di Portugal

Hasil berbeda diraih rekan satu tim Alex Marquez, Fabio Di Giannantonio. Pebalap dengan nomor 49 ini mengakhiri balapan lebih cepat setelah mengalami kendala pada aerodinamika.

"Pastinya bukan balapan yang sesuai dengan harapan. Padahal kita tak lakukan start buruk di balapan, tapi saya kehilangan winglet depan saat masuk tikungan bersama pebalap lain.Saya juga tidak bisa mengoperasikan tuas rem dan harus memaksa mengakhiri balapan," katanya.

"Jadi, sekarang yang kita perlukan adalah bisa segera pulih dan dalam kondisi sehat untuk balapan di Argentina serta bisa kencang” tambah pebalap yang akrab dipanggil Diggia itu.

Usai MotoGP Portugal 2023, Alex Marquez berada di posisi 6 klasemen sementara dalam perburuan Juara Dunia MotoGP 2023 dengan 12 poin. Sedangkan Diggia berada di posisi 20 dan belum mengantongi poin.

Sesuai dengan jadwal, Alex Marquez dan Fabio Di Giannantonio akan turun pada balapan MotoGP Argentina di Sirkuit Termas de Rio Hondo, 2 April mendatang.

Baca juga: Alex Marquez siap tempur bersama Gresini Racing pada MotoGP 2023
Baca juga: Gresini Racing janjikan balapan seru di MotoGP 2023

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023