sempat menghalangi jalan, sehingga kendaraan bermotor tidak bisa melintas
Jakarta (ANTARA) -
Hujan deras yang mengguyur wilayah DKI Jakarta disertai angin kencang menumbangkan tiga pohon di wilayah Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Senin petang.
 
Kasie Ops Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur Gatot Sulaeman, mengatakan, hujan deras disertai angin kencang menyebabkan tiga pohon tumbang.
 
Petugas Gulkarmat beserta petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) langsung menangani tiga pohon tersebut.
 
Sebagian pohon sempat menghalangi jalan, sehingga kendaraan bermotor tidak bisa melintas.
 
"Pohon tumbang di Jakarta Timur, khususnya di Jalan Raden Inten II No 62, berada di samping gedung senam Raden Inten, Duren Sawit, posisinya menghalangi jalan. Jenisnya Pohon Angsana setinggi 15 Meter," ujar Gatot dalam keterangannya.
 
Sebanyak empat personel petugas Damkar yang dikerahkan berhasil mengevakuasi pohon Angsana berdiameter 70 sentimeter (cm) itu pada pukul 17.50 WIB.
 
Selain itu, kata Gatot, pihaknya juga mengevakuasi pohon tumbang berjenis Angsana di Jalan Jenderal R.S. Soekanto, RT.4/2, Pondok Kopi, Duren Sawit.
 
"Untuk TKP kedua ini tinggi pohonnya 10 meter," terang Gatot.
 
Pada lokasi kedua ini, Gatot menuturkan petugas dibantu jajaran PPSU dan Suku Dinas Pertamanan Jakarta Timur. Proses evakuasi pohon Angsana berdiameter satu Meter itu berlangsung cepat dan dinyatakan selesai pada pukul 17.20 WIB.
 
"Terakhir, kami berhasil mengevakuasi pohon tumbang di Duren Sawit tepatnya di Jalan H. Miran No 16, RT 1/11, Malaka Jaya. Untuk pohon yang ketiga kali ini berjenis Kelor dengan tinggi empat meter," jelas Gatot.
 
Untuk pohon tumbang yang ketiga ini telah selesai evakuasi pada pukul 19.51 WIB oleh empat personel.
Baca juga: Dinas Bina Marga benahi kabel semrawut imbas pohon tumbang di Tebet
Baca juga: Gulkarmat Jaktim evakuasi pohon tumbang di Jalan Raya Bogor
Baca juga: Distamhut DKI diminta pangkas pohon cegah pohon tumbang

 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023