Jakarta (ANTARA) - Showcase Tiger Den berhasil mencetak sejarah sebagai acara musik pertama dengan menghadirkan line-up Asia di festival ternama South by Southwest (SXSW) 2023 di Austin, Texas.

Tiger Den merupakan hasil kolaborasi perusahaan berbasis di Amerika Serikat yang didedikasikan kepada kultur anak muda Asia bernama Jaded dengan band K-Pop alternatif asal Seoul, Balming Tiger.

Showcase ini menuai sukses besar dengan menampilkan serangkaian aksi menawan dan menghibur lewat musik selama 12 jam non-stop dari 18 musisi yang dikurasi oleh Jaded dan Balming Tiger, termasuk musisi hip-hop Tuan Tigabelas dan Yacko dari Indonesia.

"Energi dari dua panggung tersebut masih berbekas sampai hari ini. Dua panggung itu ngasih banyak banget teman baru,” ujar Tuan Tigabelas dalam keterangan resmi, Selasa.

Baca juga: Dampak corona meluas, SXSW dibatalkan

Ia mengatakan bahwa ekspresi jujur tentang set yang ia dan Yacko bawakan menjadi bukti bahwa perbedaan bahasa seakan tidak menjadi masalah.

"Karena it’s all about the music!” ujarnya.

Showcase ini sukses membawa Balming Tiger memenangkan Grulke Prize dari SXSW untuk kategori Developing Non-U.S Act. Media budaya Rolling Stone juga mendeskripsikan penampilan Balming Tiger sebagai effervescent.

"Sangat senang melihat penonton dari latar belakang yang berbeda bisa bersatu dengan para musisi. Tiger Den membuktikan selalu ada keinginan untuk seni dan musik, tak peduli asalnya dari mana. Kami merasa sangat terinspirasi untuk memberikan kesempatan lebih lanjut bagi para musisi ini untuk dapat terus bersinar," kata pendiri Jaded, Jing Wang.

Presiden Direktur SXSW James Minor juga memuji keberhasilan Tiger Den yang mampu menyedot banyak penonton.

"Tiger Den merupakan acara yang bersinar di SXSW 2023. Beragam secara musik dan budaya, ini adalah lineup yang sangat fokus dan tak terasa dipaksakan," kata James.

Bagi sebagian musisi Asia, Tiger Den menjadi momen kali pertama mereka menginjakkan kaki di Amerika Serikat. Tiger Den merupakan evolusi dari acara individual Jaded dan Balming Tiger pada SXSW 2022 yang sekaligus menjadi acara pertama mereka di SXSW. Pada 2022, band pop Jepang CHAI menjadi bintang utama acara Jaded di SXSW yang menjadi showcase pan-Asia dan multi-genre pertama di SXSW.

Baca juga: Musisi hip-hop Tuan Tigabelas dan Yacko wakili Indonesia di SXSW 2023

Baca juga: Aruvana pamerkan produk terapi kesehatan berbasis VR di SXSW 2023

Baca juga: SXSW 2023 jadi kesempatan emas promosikan produk inovatif Jakarta

Pewarta: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023