Jakarta (ANTARA) - Perusahaan rintisan bidang teknologi asuransi di Asia Tenggara Qoala telah mengumpulkan dana sebesar 7,5 juta dolar AS dari putaran pendanaan seri B+ untuk memperkuat kualitas produk.

"Melalui pendanaan Seri B+ ini, kami akan semakin menyederhanakan proses kepemilikan asuransi dengan meningkatkan penawaran produk dan product experience kami," kata pendiri dan CEO Qoala Harshet Lunani dalam pernyataan di Jakarta, Selasa.

Putaran pendanaa seri B+ Qoala yang dipimpin oleh responsAbility Investments AG, sebuah perusahaan investasi Eropa, merupakan bukti pertumbuhan omnichannel Qoala dengan kehadiran regional di Indonesia, Thailand, dan Malaysia.

"Peningkatan ini akan memperkuat posisi kami seiring dengan upaya kami mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan di Asia Tenggara," kata Lunani.

Baca juga: Insurtech Qoala raih pendanaan seri B senilai 65 juta dolar AS

Saat ini, keberhasilan perusahaan dalam menyederhanakan polis asuransi tradisional yang cenderung mahal dan rumit untuk lebih dari 8 juta pelanggan telah menghasilkan margin kontribusi yang positif dan kondisi ekonomi yang lebih baik.

Qoala juga menghasilkan peningkatan pembayaran komisi rata-rata sebesar 85 persen secara year on year pada 2022 didukung kemampuan dalam penetrasi pasar dengan menggunakan teknologi, peningkatan pengalaman produk, adanya program upskilling, serta tenaga pemasar untuk penawaran produk lebih luas bagi pelanggan.

Hingga saat ini, Qoala memegang peranan penting dalam mendorong inklusi keuangan di Asia Tenggara dengan penyediaan asuransi kendaraan bermotor, properti, perjalanan, kesehatan dan jiwa, serta manfaat sebesar 30 juta dolar AS kepada pelanggan melalui klaim asuransi.

Qoala ikut berkontribusi langsung terhadap perekonomian dengan menyediakan lebih dari 60.000 peluang kerja tenaga pemasar dan aliran pendapatan tambahan ke lebih dari 65 bisnis. Selain berdampak pada ekonomi dengan penciptaan lapangan kerja, Qoala memberdayakan masyarakat dengan literasi keuangan di berbagai platform offline dan online.

Perwakilan ekuitas swasta responsAbility Ruzgar Barisik menyambut baik adanya pendanaan ini karena dapat bergabung dalam perjalanan Qoala untuk mendukung perkembangan industri asuransi yang terjangkau di Asia Tenggara.

"Komitmen Qoala meningkatkan kehidupan melalui inklusi keuangan selaras dengan strategi kami. Pertumbuhan Qoala di saat pandemi menunjukkan bahwa pendekatan omnichannel dapat mendistribusikan asuransi ke populasi yang saat ini tidak terlayani oleh incumbent atau sebelumnya belum pernah memiliki asuransi sama sekali," kata Barisik.

Secara keseluruhan, pendanaan itu akan semakin meningkatkan produk dan ekspansi geografis Qoala, untuk mengatasi tantangan aksesibilitas dan keterjangkauan asuransi dalam pasar negara berkembang di Asia Tenggara.

Baca juga: Qoala hadirkan proteksi asuransi COVID-19

Baca juga: Perhatikan hal ini dalam persiapkan dana pensiun dengan bijak

Baca juga: Kehadiran "insurtech" diharapkan bisa perluas inklusi keuangan

Pewarta: Satyagraha
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023