Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan TikTok berdurasi 48 detik menunjukan ramuan yang diklaim dapat membunuh nyamuk hanya dalam semenit.

Video itu menampilkan campuran obat gosok Vicks VapoRub dan soda kue yang dilarutkan ke dalam air. Ramuan itu lantas dituang ke alat penyemprot air untuk ruangan.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:
“MAGIC Vicks VapoRub || Kill Mosquitos in ONE minutes”

Namun, benarkah ramuan obat gosok dan soda kue dapat membunuh nyamuk hanya dalam semenit?

Unggahan hoaks yang menyatakan campuran obat gosok dan soda kue dapat membunuh nyamuk dalam semenit. Faktanya, belum ada bukti ilmiah yang membuktikan ramuan itu mampu bunuh nyamuk dalam semenit. (TikTok)
Penjelasan:
Situs kesehatan asal India, The Healthy Indian Project (THIP), melaporkan tidak ada bukti ilmiah yang menyatakan campuran obat gosok dan soda kue dapat membunuh nyamuk dalam semenit. Tapi, beberapa kandungan dalam obat gosok itu disebut memiliki khasiat sebagai penangkal nyamuk.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS sebelumnya telah menyediakan daftar bahan kimia yang dapat mengusir nyamuk. Sejumlah bahan dalam obat gosok Vicks VapoRub berada di daftar tersebut. Salah satunya, minyak kayu putih (eucalyptus oil).

CDC juga menyebutkan, campuran soda kue dan air dapat mengurangi rasa gatal akibat gigitan nyamuk. Namun, pernyataan tersebut tidak membuktikan bahwa campuran obat gosok dan soda kue dapat membunuh nyamuk dalam semenit.

Dengan demikian, unggahan video TikTok yang menyatakan campuran obat gosok dan soda kue dapat membunuh nyamuk dalam semenit merupakan informasi yang belum jelas kebenarannya.

Klaim: Ramuan obat gosok dan soda kue bunuh nyamuk dalam semenit
Rating: Misinformasi

Cek fakta: Campuran air kelapa, jeruk nipis, dan garam dapat obati COVID-19? Ini faktanya

Cek fakta: Hoaks! Oralit bantu cegah haus saat puasa

Baca juga: Demam sulit turun meski sudah minum obat? Waspadai penyakit Dengue

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2023