Jakarta (ANTARA) - Petenis nomor 2 dunia Aryna Sabalenka melaju ke perempat final kelimanya musim ini setelah mengalahkan unggulan ke-16 Barbora Krejcikova 6-3, 6-2 di babak keempat Miami Open.

Kemenangan Sabalenka tersebut meningkatkan catatan menang-kalah dalam tur, memimpin 20-2 musim ini.

"Itu adalah penampilan yang luar biasa dari saya. Saya pikir saya memainkan tenis yang sangat hebat hari ini. Sangat senang dengan levelnya, terutama melawan pemain seperti Barbora, selalu pertandingan yang sulit melawannya," kata Sabalenka, seperti disiarkan laman resmi WTA, Selasa.

Baca juga: Swiatek dan Sabalenka masuk dalam daftar teratas Miami Open

Pertandingan tersebut merupakan pertemuan ketiga antara Sabalenka dan Krejcikova pada musim ini. Ketiga pertemuan itu terjadi dalam ajang WTA 1000.

Krejcikova menghentikan kemenangan beruntun 13 pertandingan Sabalenka pada Februari dalam perjalanan menuju gelar di Kejuaraan Tenis Dubai. Sabalenka membalas dendamnya dua pekan lalu di BNP Paribas Open, Indian Wells.

Sabalenka tidak terkalahkan dalam pertandingan di Miami dengan hanya menghadapi satu break point. Set pertama yang berlangsung selama 34 menit itu ditentukan hanya dengan satu break servis, yang terjadi pada break point pertama pertandingan.

Servis 3-2, 30-0, Krejcikova melepaskan kesalahan ganda pertamanya dan Sabalenka mematahkan servis untuk memimpin 4-2 setelah pukulan petenis Ceko itu bersarang di net.

Sabalenka menyegel set pertama tiga gim kemudian, menyelesaikannya dengan 12 winner dan tujuh unforced error, menahan Krejcikova dengan hanya satu winner.

Baca juga: Rentetan kemenangan Sabalenka terhenti di Dubai

"Saya pikir dalam dua pertandingan terakhir saya memenangi set pertama dan setiap kali di set kedua saya menjadi gila di lapangan dan berbicara pada diri saya sendiri, santai sedikit," ujar Sabalenka.

"Hari ini saya mencoba untuk tetap fokus apapun yang terjadi, tetap melakukan pekerjaan saya, dan fokus pada diri saya sendiri."

Set kedua Sabalenka menunjukkan hal yang sama. Servisnya mencapai 70 persen dan hanya kehilangan 10 poin pada servisnya, yang membuat juara Australian Open itu tidak tersentuh.

Krejcikova melakukan kesalahan ganda dua kali pada break point untuk memberi Sabalenka keunggulan double break, dan dia menutup kemenangan pada pertandingan yang berlangsung selama 66 menit itu dengan mudah.

"Saya pikir karena servis saya hari ini ada banyak tekanan padanya," kata Sabalenka.

"Kuncinya hari ini pastinya adalah servis saya karena saya bisa bermain dengan lebih bebas pada servisnya," imbuhnya.

Sabalenka selanjutnya akan menghadapi petenis Rumania Sorana Cirstea.

Baca juga: Tsitsipas mulai penampilannya di Miami Open dengan kemenangan
Baca juga: Alcaraz terus melaju di Miami Open jaga peluang "Sunshine Double"

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2023