Hong Kong (ANTARA) - Otoritas Bandar Udara Hong Kong (Airport Authority Hong Kong/AAHK) mengatakan lalu lintas penumpang di Bandar Udara Internasional Hong Kong (Hong Kong International Airport/HKIA) tercatat di angka sekitar 2,1 juta bulan lalu, menandai lonjakan tahunan (year on year/yoy) sekitar 24 kali lipat.

Pada Februari, volume kargo dan pergerakan penerbangan mengalami peningkatan secara tahunan (yoy) masing-masing sebesar 6,7 persen dan 95,7 persen menjadi 290.000 ton dan 16.305 penerbangan, demikian dilaporkan Otoritas Bandara Hong Kong (AAHK) pada Minggu (26/3).

Berkat pelonggaran pembatasan perjalanan, seluruh segmen penumpang mencatat pertumbuhan yang signifikan, terutama warga Hong Kong, dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu, menurut AAHK.

Lalu lintas penerbangan dari dan ke Asia Tenggara dan Jepang membukukan peningkatan paling signifikan, menurut lembaga itu.

Ketidakpastian ekonomi global terus berdampak terhadap volume kargo, sebut AAHK, seraya ditambahkan bahwa peningkatan tahunan untuk volume kargo bulan lalu sebagian besar berkaitan dengan rendahnya basis perbandingan dengan volume pada Februari 2022.

Transshipment dan ekspor masing-masing naik 46 persen dan 3 persen (yoy), sementara Timur Tengah, China Daratan, dan Amerika Utara mencatat pertumbuhan paling signifikan dalam hal volume kargo.

AAHK mengatakan bahwa penerbangan langsung antara HKIA dan Bandar Udara Internasional Hongqiao Shanghai telah kembali dibuka pada Minggu, dengan tiga penerbangan harian ke Hongqiao pada tahap awal.

Pergerakan penerbangan dan volume penumpang terus meningkat saat penerbangan dengan lebih banyak rute kembali dibuka dalam beberapa bulan terakhir, kata AAHK.



Pewarta: Xinhua
Editor: Hanni Sofia
Copyright © ANTARA 2023