Jakarta (ANTARA) - Ganda putra peringkat satu dunia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto hanya butuh 20 menit untuk melibas wakil Kanada Kevin Lee/Ty Alexander Lindeman dalam babak pertama Spain Masters 2023 di Madrid, Spanyol, Selasa waktu setempat.

Fajar/Rian mencatatkan skor 21-9, 21-13 pada pertemuan perdana kontra ganda putra peringkat ke-50 itu, sekaligus mengamankan tiket ke babak 16 besar turnamen berkategori BWF Super 300 tersebut.

Juara All England dua pekan lalu itu bermain nyaman dan konsisten saat menghadapi Lee/Lindeman yang secara teknik lebih inferior dibandingkan duo Indonesia.

Baca juga: Ganda putra Fajar/Rian sabet gelar juara All England perdana

Fajar/Rian hanya butuh adaptasi singkat pada awalan gim yang dimainkan, sehingga sempat tertinggal satu poin pada awal pertandingan.

Setelah tertinggal 1-2, Fajar/Rian tancap gas lewat serangan yang tak bisa dibendung Lee/Lindeman dan sukses mengemas lima poin beruntun sebagai modal awal kemenangan gim pertama.

Sama halnya pada gim kedua, saat Fajar/Rian tertinggal pada awal permainan, mereka lanjut membalas lewat pukulan-pukulan yang akurat dan tak bisa dihalau lawan. Sejumlah poin beruntun pun sukses mereka rebut dari Lee/Lindeman.

Keunggulan yang dipegang Fajar/Rian tak bisa disamai oleh lawan, mereka pun menang mudah pada pertandingan yang menjadi partai terakhir dari pelaksanaan babak pertama Selasa.

Baca juga: Pram/Yere manfaatkan kesalahan lawan lalui 32 besar Spain Masters

Sayangnya kesuksesan mereka tak diikuti ganda putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin yang langsung tersingkir pada babak pertama, usai dikalahkan Shuntaro Mezaki/Haruya Nishida asal Jepang.

Juara Indonesia Masters 2023 itu dipaksa mengakui keunggulan duo Jepang dalam pertemuan perdana mereka yang berakhir dengan skor 21-18, 21-23, 17-21.

Beruntung skuad ganda putra Indonesia turut menyisakan dua pasangan lainnya dari babak pertama Spain Masters, yaitu Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri dan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan.

Bagas/Fikri melewati babak pertama dengan kemenangan rubber game kontra Supak Jomkoh/Kittinupong Kedren asal Thailand dengan skor akhir 21-13, 18-21, 21-15.

Sedangkan Pram/Yere juga lolos ke babak kedua berkat kemenangan mudah yang didulang atas wakil Jepang, Keiichiro Matsui/Yoshinori Takeuchi, dengan dua gim langsung 21-9, 21-12.

Baca juga: Jafar/Aisyah juarai Vietnam International Challenge 2023
Baca juga: Gregoria tatap Madrid Spain Masters 2023 usai tersingkir di Swiss Open

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2023