Jakarta (ANTARA) - Klub sepak bola Spanyol Real Betis meluncurkan sayembara arsitektur internasional untuk proyek pembangunan kembali stadion klub yakni Estadion Benito Villamarin.

“Infrastruktur utama yang ingin kami kembangkan adalah stadion baru, yang akan menjadi kekuatan utama finansial masa depan Real Betis dan sumber kebanggaan besar bagi Beticos,” kata CEO Real Betis Ramon Alarcon dalam keterangan tertulis yang diterima pada Rabu.

Adapun proyek pembangunan ini akan berpusat pada “Preferencia Stand”. Sementara juga akan ada kebutuhan untuk mengembangkan elemen interior dan eksterior serta atap untuk menutupi seluruh tribun.

Klub yang akrab dijuluki Los Verdiblancos ini pun ingin mengembangkan berbagai pengalaman rekreasi dan hiburan untuk hari pertandingan dan non-pertandingan dan ingin stadion dibangun dengan mengembangkan teknologi baru, keberlanjutan, dan inklusivitas.

“Ini akan menjadi stadion yang sangat modern, disesuaikan dengan zaman, dan kami memasang fasilitas dan sumber daya yang diperlukan untuk membuat orang ingin datang ke sini setiap hari,” ujar Alarcon.

Baca juga: Gol dramatis Franck Kessie menangkan Barcelona 2-1 atas Real Madrid

Lebih lanjut, Real Betis telah mencari ide terbaik dari seluruh dunia. Perusahaan arsitektur dari seluruh dunia dapat melamar sebelum 21 Maret 2023. Klub kemudian akan memilih ide terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan konstruksi akan dijadwalkan pada Juni 2024 dengan anggaran 70 juta euro.

Proyek stadion ini adalah salah satu pilar utama rencana strategis Real Betis 2022-2026, sehingga klub ingin memastikan rencana ini berjalan dengan baik.

Adapun Estadio Benito Villamarin diresmikan pada 1929 dan telah melalui beberapa proyek renovasi selama bertahun-tahun, dengan proyek besar terakhir terjadi pada tahun 2016 dan 2017 ketika tribun selatan dirobohkan dan dibangun kembali.

Selain itu, klub telah menginvestasikan sumber daya yang signifikan untuk membuat stadion semodern mungkin. Mulai dari pemasangan infrastruktur 5G multi-operator, dengan tujuan untuk memperbaiki masalah konektivitas yang biasanya terjadi.

Los Verdiblancos juga memamerkan pertunjukan lampu pra-pertandingan terbaik di seluruh Eropa, meluncurkan sistem deskripsi audio untuk tunanetra atau menyediakan peralatan sensorik gratis untuk yang berkebutuhan khusus.

“Semua inisiatif ini telah meningkatkan pengalaman atmosfer pertandingan di Real Betis, dan sekarang sayembara dalam arsitektur akan memastikan bahwa proyek pembangunan kembali stadion sebaik mungkin untuk fans,” katanya.

Baca juga: Atletico Madrid menang telak 3-0 atas Valencia
Baca juga: Gol Raphinha antar Barcelona menang 1-0 atas Athletic Bilbao


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023