Jakarta (ANTARA) - Jenama kecantikan Somethinc membagikan tips dalam merawat kulit sensitif dan memilih produk yang tepat untuk menenangkan kondisi kulit yang sensitif, termasuk kulit yang iritasi dan kemerahan.

Somethinc kini telah menghadirkan rangkaian skincare terbarunya "Calm Down Series" yang diklaim menjadi jawaban untuk permasalahan kulit tersebut. Pendiri Somethinc Irene Ursula mengatakan produk ini dapat menjadi pilihan untuk menenangkan kulit yang sensitif.

"Kulit sensitif itu penanganannya beda sama kulit yang biasa saja. Jadi, hadirlah rangkaian ini. Pokoknya kalau misalkan pakai suatu produk skincare dan nggak cocok, perih, beruntusan, ini solusinya," kata Irene di Jakarta, Rabu.
(Dari kanan ke kiri) Rangkaian produk skincare "Calm Down Series" dari Somethinc terdiri dari Skinpair Bubble Cleanser, Skinpair R-Cover Cream, PHA 3 persen Soothing Everyday Toner, dan Skinpair Barrier Serum.
(ANTARA/Rizka Khaerunnisa)



Saat kulit berada dalam kondisi kemerahan dan iritasi, Somethinc merekomendasikan untuk menggunakan produk perawatan kulit dasar dengan fokus menenangkan kulit terlebih dahulu. Pakar kecantikan medis Somethinc dr. Claudia Christin menambahkan bahwa produk perawatan yang bersifat menenangkan dan tidak terlalu keras diperlukan agar kondisi kulit tidak semakin parah.

Kulit sensitif juga rentan terjadi pada saat berpuasa karena minimnya asupan cairan pada tubuh. Menurut Claudia, kandungan encapsulated ceramide dalam "Calm Down Series" dapat membantu menghidrasi kulit.

Selain itu, encapsulated ceramide memiliki daya serap yang lebih dalam dibanding dengan ceramide biasa sehingga meningkatkan perlindungan pada kulit.

"Dibandingkan dengan ceramide biasa, kalau ceramide biasa mungkin di permukaan banget (penyerapannya). Nah, ini (encapsulated ceramide) bisa masuk ke lapisan yang sedikit dalam di epidermis kulit kita," kata Claudia.

Selain encapsulated ceramide, "Calm Down Series" mengandung beberapa kombinasi bahan lain yang dapat menenangkan kondisi kulit seperti heartleaf, korean mugwort, hingga madagascar centella.

Tak hanya soal pemilihan produk yang dikhususkan untuk menenangkan kulit. Yang perlu diingat, pemilik kulit yang sensitif juga perlu menghindari atau meminimalkan gesekan pada wajah terutama saat mencuci wajah.

Oleh sebab itu, Somethinc menghadirkan sabun wajah berbentuk bubble (busa) sehingga pemilik kulit sensitif tak perlu menggesek kulit dengan keras saat membersihkan wajah.

"Dengan pH netral yang aman bagi kulit sensitif sekalipun, Calm Down bubble cleanser juga diinfus dengan teknologi 3D Aqua Seal yang mampu memastikan wajah bersih dari kotoran yang menempel dan tetap menjaga kulit agar terus terhidrasi," kata Claudia.

Selain itu, pemilik kulit sensitif dapat menggunakan toner eksfoliasi yang super lembut untuk mengangkat sel kulit mati seperti pada toner di "Calm Down Series" yang mengandung PHA 3 persen.

Penggunaan serum penenang kulit dengan konsentrasi tinggi seperti produk Skinpair Barrier Serum dari Somethinc juga direkomendasikan. Produk itu diperkaya dengan 5X growth factor peptides yang mampu mempercepat proses pemulihan skin barrier yang rusak.

Terakhir, penting untuk menggunakan moisturizer untuk mengunci kelembaban. Somethinc memiliki produk moisturizer bernama Skinpair R-Cover Cream dengan tekstur ringan, mudah menyerap, tidak lengket, dan memberikan kelembaban hingga 72 jam sehingga cocok digunakan untuk meredakan kemerahan dan iritasi ringan.

Baca juga: Tips makeup agar tampil natural ala Somethinc

Baca juga: Kiat berbisnis produk kecantikan dengan jadi "reseller"

Baca juga: Merek kecantikan lokal laris manis di e-commerce

Baca juga: Perlunya perawatan kulit saat puasa

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023