Itu benar -- di Yerusalem Timur dan Tepi Barat."
Yerusalem (ANTARA News) - Israel akan membangun 3.000 rumah baru pemukim di Yerusalem Timur dan Tepi Barat setelah Palestina memperoleh pengakuan sebagai negara non-anggota di PBB, kata seorang pejabat Israel kepada AFP, Jumat.

Ketika ditanya apakah ia bisa mengkonfirmasi laporan bahwa Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah memutuskan membangun 3.000 rumah sebagai tanggapan atas keberhasilan Palestina di PBB, pejabat itu mengatakan, "Itu benar -- di Yerusalem Timur dan Tepi Barat."

Keputusan itu diungkapkan di Tweeter oleh koresponden diplomatik surat kabar Haaretz, yang mengatakan bahwa beberapa dari rumah-rumah baru itu akan dibangun di E1, sebuah daerah sangat kontroversial di Tepi Barat yang menghubungkan wilayah caplokan Yerusalem Timur dengan permukiman Maaleh Adumim.

"Sumber politik: Netanyahu memutuskan membangun 3.000 rumah baru di Yerusalem Timur dan kawasan permukiman Tepi Barat sebagai tanggapan atas tindakan Palestina di PBB," kata koresponden Barak Ravid.

"Meski telah menyampaikan komitmen-komitmen kepada Presiden (AS Barack) Obama, PM Netanyahu memberi perintah untuk memajukan pembangunan di daerah E1 antara Maaleh Adumim dan Jerusalem yang akan memutus bagian utara Tepi Barat dengan wilayah selatan," katanya.

Israel sebelumnya telah berjanji membekukan proyek E1 sebagai bagian dari komitmennya sesuai dengan peta jalan internasional bagi perdamaian yang diluncurkan pada 2003.

Palestina menentang keras proyek itu karena sama saja dengan membelah Tepi Barat menjadi dua bagian, yang membuat rumit pembentukan negara Palestina.

Dalam pemungutan suara pada Kamis di New York, Majelis Umum PBB menyetujui sebuah resolusi yang mengakui Palestina dalam perbatasan 1967 sebagai sebuah negara pengamat non-anggota di badan dunia tersebut.

(M014)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2012