Jakarta (ANTARA) - Perusahaan berbasis teknologi di bidang perawatan gigi kosmetik Klar Smile membagikan kiat mencerahkan warna gigi dengan obat kumur.

“Kita sering memakai perawatan wajah berlapis-lapis, namun, selama ini perawatan gigi sangat sederhana, yaitu hanya menyikat gigi dengan odol,” ujar CEO Klar Smile Ellen Pranata saat konferensi pers di Jakarta, Rabu.

Bila seseorang kurang percaya diri akibat warna gigi yang kuning dan kusam, Ellen mengatakan tidak harus memutihkan gigi dengan bleaching maupun veneer dan dapat mewujudkannya dengan menggunakan obat kumur di rumah. Dia menyarankan berkumur dengan obat dua kali sehari setelah menyikat gigi.

Klar Smile meluncurkan obat kumur dalam bentuk serum “Klar Oral Mouthwash” yang diklaim menjadi solusi atas warna gigi kuning serta bau mulut kurang sedap. Produk itu merupakan obat kumur berbentuk serum pertama di Indonesia.

Baca juga: Hoaks! Kulit jeruk bisa putihkan gigi

Dokter Gigi yang berfokus pada prostetik, estetika, dan rehabilitasi keseluruhan mulut, David Sugihartana pada acara yang sama mengeklaim, dengan melakukannya secara teratur dan rutin mampu meningkatkan warna gigi hingga empat tingkatan.

“Setelah kita riset dan uji pada 30 pasien dengan berbagai kondisi gigi, penggunaan rutin obat kumur ini selama empat minggu mampu meningkatkan warna gigi tiga sampai empat tingkatan,” jelas dokter gigi yang juga menjabat sebagai Chief Operating Officer Klar Smile.

Meski mampu memutihkan warna gigi, David mengatakan mengurangi kebiasaan merokok, mengkonsumsi kopi, teh, dan minuman bersoda perlu dilakukan agar tidak menghambat proses pencerahan.

Dia juga menyarankan tidak makan dan minum selama 30 menit setelah sikat gigi dan mengaplikasikan obat kumur Klar Oral Mouthwash untuk memberi waktu obat menyerap dan bekerja dengan baik pada gigi.
​​​​
Berdasarkan hasil survei dari DentaVox tahun 2019, sebanyak 64 persen orang percaya tampilan gigi putih natural dan napas segar berkontribusi pada kepercayaan diri yang lebih baik. Namun, menyikat gigi secara teratur belum mampu untuk memutihkan gigi dan mempertahankan kesegaran mulut.

Oleh sebab itu, penggunaan obat kumur diperlukan untuk menjaga kesehatan gigi sekaligus membersihkan rongga mulut secara menyeluruh.

Baca juga: Dokter: Sikat gigi saja tidak cukup jaga kebersihan mulut

Baca juga: Obat kumur bisa bantu bunuh virus corona dalam rongga mulut?

​​​​​​​
Baca juga: Dokter: Gunakan obat kumur seperlunya


Pewarta: Pamela Sakina
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023