counter

KPA Madiun temukan 47 kasus baru HIV/AIDS

KPA Madiun temukan 47 kasus baru HIV/AIDS

- (FOTO Antara-news/ferly)

Madiun (ANTARA News) - Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Madiun, Jawa Timur, menemukan sebanyak 47 kasus baru penderita HIV/AIDS di wilayah setempat dalam kurun waktu Januari hingga November 2012.

Pelaksana Program Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Madiun, Hery Setiawan, Sabtu, mengatakan, jumlah ini melebihi dari temuan kasus serupa pada tahun 2011 yang tercatat sekitar 40 kasus.

"Tingginya temuan baru kasus HIV/AIDS di Kabupaten Madiun tersebut ditunjang naiknya kesadaran para perisiko tinggi untuk memeriksakan kesehatannya di klinik VCT atau PMI setempat," katanya.

Menurut dia, temuan kasus baru tersebut menyebar hampir di 15 kecamatan di Kabupaten Madiun.

Di antaranya, Kecamatan Dolopo, Jiwan, Kare, Madiun, Pilangkenceng, Gemarang, Saradan, Balerejo, Sawahan, Geger, Dagangan, dan Mejayan.

Jumlah kasus temuan HIV/AIDS di Kabupaten Madiun secara total sejak pertama kali ditemukan tahun 2002 hingga November 2012 telah mencapai 181 kasus.

Dari jumlah total tersebut, 63 penderita di antaranya meninggal dunia dan sisanya sebanyak 118 penderita masih bertahan hidup.

Kepala Bidang Pencegahan Penyakit dan Upaya Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun, Sulistyo Widyantono, mengatakan, telah terjadi pergeseran faktor penyebab penularan penyakit ini, dari para perisiko tinggi ke kalangan yang tidak termasuk perisiko tinggi.
(ANT)

 
 






Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2012

Supaya Odha nyaman berobat di Puskesmas

Komentar