Jakarta (ANTARA) - Aktor pada umumnya melakukan sejumlah hal demi bisa mendalami karakter yang dia perankan dan ini juga dilakukan Ari Irham saat harus memerankan tokoh Gus Afif, sosok anak sulung kiai yang cerdas, bijak, berkharisma dan penghafal Al Quran dalam serial Viu Original "Bidadari Bermata Bening".

Karakter Gus Afif sering menggantikan Kiai Sobron (diperankan Ikang Fauzi), ayahnya yang juga pemimpin Pesantren Kanzul Ulum, dalam mengisi materi majelis taklim. Untuk mendalami perannya, Ari mencoba menerapkan apa yang tokoh Gus Afif lakukan dalam kehidupan pribadinya, juga mencari tahu tentang kehidupan pesantren dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan para santri serta santriwati di sana.

"Dan juga tentunya dikasih waktu sama tim produksi untuk workshop mengaji dan pengetahuan lainnya," kata dia dalam wawancara tertulisnya kepada ANTARA, Rabu (29/3) malam.

Baca juga: "After Met You", film adaptasi novel karya Ari Irham

Berbicara karakter, Ari mengaku Gus Afif cukup berbeda dari kepribadian dirinya dan ini menjadi tantangan yang dia hadapi.

"Karena lumayan jauh dari saya pribadi, saya banyak merasakan tantangan yang dihadapi seperti silat, mengaji dengan murotal, dakwah dan menjadi anak kiai," tutur Ari.
 


"Bidadari Bermata Bening" yang disutradarai Farid Darmawan disadur dari novel laris nasional karya penulis Habiburahman El Shirazy. Serial ini mengisahkan perjalanan hidup seorang gadis bernama Ayna (diperankan Zoe Abbas Jackson) ketika harus memilih cinta.

Kehilangan sosok ibu di usia muda membuat Ayna sangat memahami arti kehilangan. Saat ada tiga pria yang mencoba mengetuk hatinya, dia memiliki kesempatan besar untuk menemukan kebahagiaan jika dapat memilih sosok yang tepat.

Selain Ari Irham dan Zoe Abbas Jackson, serial ini juga dibintangi Vladimir Rama, Boah Sartika, Fatih Unru, Zenia Zein, Aisyah Aqilah, Amara Sophie, Andi Viola, Nadira Sungkar, Aulia Deas, Teuku Ryan, Ikang Fauzi dan Olla Ramlan.

Ketika ditanya tentang pengalaman mengesankan selama syuting, Ari mengatakan menjalani pengambilan gambar di pesantren kawasan Sukabumi, Jawa Barat sebagai salah satunya.

"Pengalaman luar biasanya adalah kami shooting di pesantren asli di Sukabumi selama tujuh hari, sehingga kami bisa merasakan dan hidup langsung dengan suasana di pesantren," kata dia.

Ari juga tak menampik dapat berpartisipasi dalam serial bersama para aktor lainnya seperti Zoe hingga Teuku Ryan menjadi pengalaman yang luar biasa baginya.

"Justru sebelum shooting kami semua sangat cepat sekali dekat, sehingga chemistry yang muncul di depan layar insya Allah bisa disukai para penonton Indonesia!," ujar dia.

"Bidadari Bermata Bening" yang terdiri dari 10 episode akan tayang mulai 31 Maret 2023, setiap hari Jumat dan Sabtu di Viu.

Baca juga: Ari Irham jadi anak kiai di serial Viu "Bidadari Bermata Bening"

Baca juga: "Jagat Arwah", film horor dengan unsur misteri budaya Nusantara


Baca juga: Ari Irham dan Aghniny Haque riset demi "Generasi 90an: Melankolia"

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023