Jakarta (ANTARA) - Data-data digital terutama yang bersifat penting seperti dokumen pekerjaan dan konten berharga lainnya perlu disimpan secara benar dengan cara backup atau membuat cadangannya sehingga menjadi penyelamat jika sewaktu-waktu data tersebut hilang.

Apabila dokumen pekerjaan Anda hilang, tentu menghambat produktivitas bahkan dapat berujung malapetaka. Hari Backup Sedunia yang diperingati pada Jumat (31/3) diperingati menjadi pengingat tentang pentingnya melakukan backup data secara teratur.

Berikut sejumlah tips yang dapat Anda lakukan untuk backup data, mengutip keterangan pers Western Digital yang diterima di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Google Photos bawa pembaruan permudah "backup" otomatis

Gunakan USB flash drive bagi pengguna smartphone
Perangkat USB flash drive menjadi solusi yang simpel, cepat, dan terjangkau untuk menyimpan data karena cukup pasang dan pakai (plug and play) langsung dengan smartphone Anda.

Kini juga sudah ada USB dual-connector dengan colokan Type-A seperti merek SanDisk Ultra Dual Drive Luxe yang memudahkan Anda mentransfer dokumen. Bagi pengguna iPhone, Anda juga memiliki opsi memori internal tambahan seperti SanDisk iXpand Flash Drive Luxe.

Siapkan drive eksternal untuk kapasitas yang ekstra
Kapasitas penyimpanan yang besar biasanya dibutuhkan bagi para pekerja profesional di bidang digital. Untuk hal ini, Anda bisa menggunakan dua pilihan drive eksternal yaitu Hard Disk Drive (HDD) dan Solid State Drive (SSD).

Untuk opsi HDD, merek WD My Passport dapat Anda pilih mengingat harganya lebih terjangkau dengan kapasitas penyimpanan lebih besar. Atau Anda bisa memilih SSD dari WD My Passport SSD unggul dari segi kecepatan dan durabilitas.

Anda juga direkomendasikan untuk membuat jadwal pengingat secara teratur setiap bulan ataupun tiap tiga bulan sekali untuk mencadangkan dokumen ke drive eksternal. Untuk memudahkan, Anda bisa mengaktifkan software "WD Backup" di WD My Passport dan WD My Passport SSD.

Baca juga: Pentingnya cadangan data untuk kurangi dampak bencana

Pilih cloud bagi Anda yang membutuhkan sinkronisasi otomatis
WD My Cloud Home bisa menjadi solusi apabila Anda ingin menyimpan semua konten digital di satu tempat. Kapasitas WD My Cloud Home tersedia hingga 16TB.

Semua dokumen yang disimpan di cloud dapat diakses dari jarak jauh dan aman melalui internet. Anda juga dapat mengundang orang terdekat untuk berkolaborasi. Semua pengguna dapat diberi akses terbatas atau menggunakan ruang terproteksi yang hanya dapat diakses oleh mereka.

Baca juga: Lima tips "backup" data digital cegah kehilangan data

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023