Bengaluru (ANTARA) - Saham di bursa Inggris menguat pada awal perdagangan Kamis, dengan indeks FTSE 100 memperpanjang kenaikan dipimpin oleh penambang logam mulia dan logam dasar, sementara penyedia layanan ladang minyak Petrofac melonjak hampir 70 persen mencatat lompatan intraday terbesarnya karena kesepakatan senilai 13 miliar euro (14,09 miliar dolar AS).

Petrofac Ltd mengatakan telah diberikan perjanjian kerangka kerja besar-besaran dengan Hitachi Energy oleh operator jaringan listrik Belanda-Jerman TenneT untuk memasok anjungan lepas pantai dan stasiun konverter darat.

Indeks saham-saham unggulan atau blue-chips FTSE 100 yang berorientasi ke pasar ekspor terangkat 0,3 persen, sedangkan indeks saham-saham berkapitalisasi sedang atau mid-caps FTSE 250 yang berorientasi ke pasar dalam negeri bertambah 0,7 persen pada pukul 07.17 GMT.

Baca juga: Saham Inggris ditutup menguat, indeks FTSE 100 bertambah 1,07 persen

Meningkatkan indeks acuan, logam industri dan penambang logam mulia masing-masing bertambah 1,0 persen dan 1,1 persen.

Sementara itu, Society of Motor Manufacturers and Traders mengatakan produksi mobil Februari naik 13,1 persen dalam kenaikan bulanan pertama dalam tiga bulan, dibantu oleh pelonggaran hambatan rantai pasokan dan produksi yang kuat di pasar domestik dan luar negeri.

Sektor Mobil dan Suku Cadang FTSE 350 bertambah 2,4 persen dan merupakan salah satu sektor dengan kinerja terbaik pada kuartal ini.

Saham SSE PLC terangkat 2,6 persen setelah perusahaan listrik tersebut menaikkan ekspektasi keuntungan tahunannya, dibantu oleh kinerja kuat yang berkelanjutan dari pembangkit listrik fleksibelnya.

Baca juga: Saham Inggris ditutup menguat, indeks FTSE 100 terdongkrak 0,17 persen

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023