Banda Aceh (ANTARA) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengimbau masyarakat yang biasa melakukan perjalanan mudik dengan menggunakan sepeda motor untuk memanfaatkan fasilitas mudik gratis dari Pemerintah maupun berbagai perusahaan.

"Kalau bisa, Pemerintah meminta jangan (mudik) pakai motor karena itu ada mudik gratis. Jadi, ada mudik gratis, bis-bis yang disediakan untuk mereka yang mudik," kata Ma'ruf Amin di Kota Banda Aceh, Aceh, Kamis.

Pemerintah, melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub), saat ini melakukan persiapan untuk menghadapi arus mudik Lebaran 2023, termasuk menekan jumlah pemudik yang mengandalkan sepeda motor karena riskan terhadap kecelakaan lalu lintas. Guna mencegah kecelakaan, Kemenhub pun turut menghadirkan program Mudik Gratis 2023.

"Saya kira Pemerintah sudah memetakan dalam rangka menghadapi Lebaran, baik ketersediaan pasokan bahan makanan dan minuman kebutuhan Lebaran, dan juga kebutuhan akan mudik karena diperkirakan kan mudik ini besar," jelasnya.

Pemerintah pun sudah menyiapkan berbagai jalur dan angkutan mudik, baik darat, laut maupun udara, karena diperkirakan akan ada 123,8 juta orang pemudik pada mudik Lebaran 2023.

"Itu sudah disiapkan oleh Pemerintah, termasuk pengamanan oleh pihak kepolisian itu sudah, termasuk juga antisipasi juga yang mudik menggunakan motor yang memang banyak yang kecelakaan ya. Sekarang ini kan banyak dilakukan mudik gratis ya, ini dilakukan oleh Pemerintah dan pemerintah daerah juga, oleh berbagai komunitas, maksudnya ini supaya mereka tidak mudik pakai motor," katanya.

Baca juga: PLN sediakan kuota mudik gratis untuk 10 ribu peserta

Namun, lanjut Ma'ruf Amin, apabila akhirnya warga tetap harus mudik menggunakan motor, dia mengimbau agar masyarakat betul-betul mempersiapkan diri.

"Oleh karena itu, kami imbau supaya dia betul-betul menjaga diri dan mempersiapkan diri kalau mudik pakai motor. Mudah-mudahan tahun ini kalau tidak ada (kecelakaan), kalau (ada kecelakaan) ya jumlahnya tidak banyak," ujarnya.

Pada arus mudik Lebaran 2023, jumlah pemudik dengan sepeda motor diprediksi mencapai 25,13 juta orang atau 20,3 persen dari total prediksi pemudik yang mencapai 123,8 juta orang.

Berdasarkan data Kemenhub, motor merupakan alat transportasi kedua yang paling banyak digunakan masyarakat untuk mudik Lebaran. Dengan adanya program Mudik Gratis 2023, Pemerintah berharap angka pemudik dengan sepeda motor dapat berkurang secara signifikan.

Sejak pendaftaran Mudik Gratis 2023 dibuka pada 13 Maret lalu, kuota yang tersedia sebanyak 24.072 penumpang dengan 585 unit bus telah terpenuhi. Kemenhub tidak menutup kemungkinan pendaftaran tersebut kembali dibuka apabila ada pendaftar yang tidak melakukan validasi dalam batas waktu yang ditentukan.

Untuk mudik Lebaran 2023, Pemerintah juga melakukan pemisahan jalur sepeda motor dan mobil di pelabuhan penyeberangan Jawa-Sumatera. Pelabuhan penyeberangan Merak-Bakauheni hanya akan melayani mobil dan bus, sedangkan bagi pemudik motor bisa menyeberang lewat Pelabuhan Ciwandan di sisi Banten maupun Pelabuhan Panjang di sisi Lampung.

Baca juga: ASDP yakin arus mudik Lebaran 2023 di Pelabuhan Merak berjalan lancar
Baca juga: Pemudik motor diimbau manfaatkan program mudik gratis

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023