Jakarta Raya (ANTARA) - Anggota DPRD DKI Jakarta Wibi Andrino mengatakan, generasi muda memegang peranan penting dalam memajukan proses demokrasi di Indonesia menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Wibi mengatakan, pemuda memiliki peran strategis dalam proses demokrasi bangsa karena menurut data Komisi Pemilihan Umum (KPU), pemilu tahun depan didominasi pemilih usia 17-40 tahun dengan jumlah pemilih generasi muda sebanyak 107 juta orang atau 53-55 persen dari total pemilih.

"Karena ide dan gagasan banyak lahir dari generasi muda. Dan antargenerasi harus saling mengisi posnya masing-masing dan berperan yang terbaik,” ujar Ketua Fraksi Nasdem DPRD DKI Jakarta itu dalam diskusi bertema “Gairah Pemuda dan Demokrasi” yang diselenggarakan Lembaga Survei KedaiKOPI di Jakarta Pusat, Kamis.

Ketua Bidang Politik PP Pemuda Muhammadiyah, Andreyan Noor pada kesempatan tersebut mengatakan, generasi muda punya peluang besar untuk bertransformasi menjadi pemimpin masa depan atau menjadi wakil rakyat di parlemen melalui proses politik tersebut.

"Pemuda harus bisa 'scale-up' dari proses politik di jalanan menjadi proses politik di parlemen agar aspirasi bisa tembus ke tembok Istana," kata Andreyan Noor.

Baca juga: 100 pemuda Karang Taruna wujudkan "liveable city" di Jakut
Baca juga: Pemuda Jakarta Selatan dibekali pengetahuan soal Pemilu


Sedangkan Wakil Sekjen Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) Muhammad Jusrianto berpendapat, generasi muda mengalami pertumbuhan kualitas dalam berpolitik. Hal itu terlihat dari ide-ide segar yang mereka tawarkan saat terlibat dalam kegiatan politik.

"Pada momentum 2024 peran pemuda sangat penting. Meski memiliki latar belakang berbeda, namun masih harus dalam garis kepentingan nasional," kata Jusrianto.

Anak muda diharapkan dapat berpartisipasi dalam organisasi partai politik agar ide-ide segar yang dimiliki dapat dibawa dan disalurkan ke ranah politik praktis.

Kendati demikian, Ketua PP GP Ansor Saiful Rahmat Dasuki menilai, generasi muda tidak bisa bergerak sendirian dalam berpolitik, melainkan perlu memanfaatkan organisasi politik agar ide-ide segar yang ditawarkan bisa ditampung bahkan direalisasikan.

"Di situlah peran kesadaran politik anak muda yang harus dikedepankan," kata Saiful.
 

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023